Translate

Saturday, June 28, 2014

Books "MURJANGKUNG"

Books “MURJANGKUNG”
Judul Asli : MURJANGKUNG : CERITA YANG DUNGU DAN HANTU-HANTU
Copyright © 2013 by A.S. Laksana
Penerbit GagasMedia
Proofreader : Jia Effendie
Desainer sampul : Levina Lesmana
Lay-out : Landi A. Handwiko
Cetakan I : Oktober 2013 ; 216 hlm ; ISBN 978-979-780-644-6
Rate : 4 of 5

Pertama kali mendengar tentang buku ini berkat rekomendasi dari Mas Ijul, yang memberikan ‘highlight’ khusus tentang penulis A.S. Laksana dan kemampuannya mengolah kata-kata dengan cara yang unik namun menarik. Dan ketika mendapati bahwa buku ini ternyata merupakan kumpulan cerpen, terus terang antusiasme yang muncul mendadak surut, karena pengalaman sebelumnya dengan kumpulan cerpen karya penulis lain, yang nyaris tidak mampu membuatku tertarik untuk membacanya (karena kisahnya terlalu pendek sehingga acapkali terlalu absurb atau justru penuh dengan hal-hal ‘nonsense’) ... maka kuberanikan diri untuk ‘sekali’ lagi mencoba jenis bacaan berupa cerita-cerita pendek ini.



Di luar dugaan, dari kisah pertama, berlanjut dengan kisah kedua, ketiga dan seterusnya, tanpa terasa diriku terhanyut dalam fantasi dan khayalan, kisah-kisah manusia dan makhluk lain (hantu, setan, jin, anjing dan lain-lain) yang sangat-sangat absurb, aneh, unik sekaligus bikin penasaran karena entah mengapa terasa indah bahkan nyaris ‘puitis’ dengan anekdot dan makian yang nakal hingga cukup vulgar. Menggunakan nama karakter yang nyaris sama pada beberapa kisah, namun kemudian kusadari ini adalah kisah yang sama sekali berbeda, penulis menyajikan rentetan melodrama yang tidak memiliki ujung atau pangkal, sehingga dibaca bolak-balik dengan urutan yang sama sekali berbeda, tetap memiliki kesatuan, dan yang sangat unik, perpaduan ke-20 kisah pendek (yang notabene berbeda) bisa berpadu menjadi harmoni yang indah.

Kemudian setelah selesai menuntaskan ke-20 kisah ini, timbul satu masalah besar, bagaimana diriku mampu memberikan sebuah ulasan tentang daya tarik buku ini, tanpa mengungkap keseluruhan isinya ? Bagaimana memberikan gambaran, tentang keindahan harmoni yang terbentuk dari ‘kekacauan’ yang terjadi diwakili oleh karakter-karakter yang hidup dalam untaian cerita pendek (namun mampu menimbulkan kesan tersendiri). Ibarat membaca sebuah kisah yang disampaikan dengan gaya ‘slengekan’ hingga berkesan ‘main-main’ namun terasa kesungguhan penulis dalam setiap tuturan kata dan kalimat yang muncul (bahkan caci-maki pun terasa nyata) ...dan sekali lagi, memunculkan ‘keindahan’ tersendiri ? Maka kusadari, hal tersebut tidak bisa kulakukan, kecuali memberikan buku ini kepada para pembaca, dan mempersilahkan untuk menikmati sajian adegan ‘drama’ yang menampilkan 20 kisah unik.

Beberapa dari kumpulan cerita pendek yang menarik sekaligus unik, diantaranya Dongeng Cinta yang Dungu ( hal 25 ) tentang jiwa yang bertukar wujud badani, menjadikan pasangan aneh, perempuan yang kelaki-lakian dan pria yang bergaya perempuan ; Dua Perempuan di Satu Rumah ( hal 77 ) kisah tentang hubungan Seto dengan ibu dan ‘ibu’nya (yang dulunya adalah ayahnya), mengangkat topik transgender yang belum dipahami oleh masyarakat umum hingga anggota keluarga yang merasa malu dan terhina dengan kondisi sang transgender ; Tuhan, Pawang Hujan, dan Pertarungan yang Remis ( hal 97 ) pertarungan Alit melawan Tuhan karena ketidak puasan akan kebijakan Tuhan yang dianggap ‘salah’, bagaimana Alit berusaha memenangkan pertarungan menyangkut waktu kematiannya ; dan Seorang Lelaki  Telungkup di Kuburan ( hal 161 ) mengangkat peristiwa aneh seorang pria yang sibuk menantikan kelahiran bayi pertamanya, namun diganggu oleh ulah aneh tetangganya yang menggali tanah pekarangan dan menguburkan sesuatu sembari tidur menelungkup di atas gundukan tanah – sebuah pengalaman unik pandangan ‘ruh’ dan wujud badani yang terpisah.

Daftar Isi :
Bagaimana Murjangkung Mendirikan Kota dan Mati Sakit Perut | 1 ( ♡♡♡ )
Otobiografi Gloria | 13 ( ♡♡♡♡ )
Dongeng Cinta yang Dungu | 25 ( ♡♡♡♡ )
Perempuan dari Masa Lalu | 37 ( ♡♡ )
Bagaimana Kami Selamat dari Kompeni dan sebagainya | 45 ( ♡♡ )
Seto Menulis Peri, Pelangi, dan Para Putri | 55 ( ♡♡ )
Teknik Mendapatkan Cinta Sejati | 65 ( ♡♡♡ )
Dua Perempuan di Satu Rumah | 77 ( ♡♡♡♡ )
Bukan Ciuman Pertama | 87 ( ♡♡♡)
Tuhan, Pawang Hujan, dan Pertarungan yang Remis | 97 ( ♡♡♡ )
Kisah Batu Menangis | 107 ( ♡♡♡ )
Seorang Utusan Memotong Telinga Raja Jawa | 117 ( ♡♡ )
Lelaki Beristri Batu | 129 ( ♡♡♡ )
Efek Sayap Kupu-Kupu | 139 ( ♡♡ )
Ibu Tiri Bergigi Emas | 151 ( ♡♡ )
Seorang Lelaki Telungkup di Kuburan | 161 ( ♡♡♡♡ )
Malam Saweran | 175 ( ♡♡ )
Cerita untuk Anak-Anakmu | 185 ( ♡♡ )
Kuda | 195 ( ♡♡ )
Peristiwa Kedua, Seperti Komidi Putar | 203 ( ♡♡♡ )

Tentang Penulis :
[ source ]
A.S. Laksana, saat ini beliau menulis kolom tetap “Ruang Putih” untuk edisi hari Mingu di harian JawaPos dan grup. Tiga cerpennya Seorang Ibu yang Menunggu (1996), Menggambar Ayah (1998), dan Dua Perempuan di Satu Rumah (2010) terpilih dalam kumpulan cerpen terbaik Kompas. Dua cerpen lainnya Sumur Keseribu Tiga dimuat dalam buku Kumpulan Cerita Terbaik Pena Kencana (2008) dan cerpen Tuhan, Pawang Hujan dan Pertarungan yang Remis dimuat dalam buku Kumpulan Cerita Terbaik Pena Kencana (2009).

Pada tahun 2004 buku kumpulan cerpen berjudul Bidadari yang Mengembara terpilih oleh Majalah Tempo sebagai buku sastra terbaik. Dan di tahun 2006, beliau membacakan cerpen Burung di Langit dan Sekaleng Lem yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara di Festival Sastra Winternachten, Den Haag, Belanda.

Bersama ketiga temannya, beliau mempelopori berdirinya Sekolah Menulis Jakarta School di tahun 2004. Kesibukan lainnya termasuk menulis skenario untuk sinetron serial Laksamana Cheng Ho (Episode di Tanah Jawa), dan mendalami Ericksonian Hypnosis. “Menulis dan hipnosis adalah wilayah yang berimpitan,” katanya. “Keduanya bersandar pada kekuatan kata. Latar belakang sebagai penulis cerita memudahkan saya mendalami Ericksonian Hypnosis. Dan sebaliknya, mendalami Ericksonian Hypnosis membuat saya benar-benar memahami kekuatan cerita.”

[ more about this author and related works, just check at here : on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter  | at Facebook ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
47th Book in Finding New Author Challenge
118th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...