Translate

Sunday, May 17, 2015

Books "IRRESISTIBLE FORCES"

Books “KEKUATAN MAHA DAHSYAT”
Judul Asli : IRRESISTIBLE FORCES
Copyright © 1987 by Danielle Stell
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ny. Suwarni AS  
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Juli 2003 ; 440 hlm ; ISBN 978-979-22-0117-8
Harga Normal : Rp. 40.000,-
Rate : 2 of 5

Pasangan Steve dan Meredith Whitman telah menjalani masa 15 tahun pernikahan yang bisa dikatakan cukup langgeng meskipun karir masing-masing membuat mereka jarang bertemu atau melakukan komunikasi yang cukup layak. Steve membaktikan diri sebagai dokter bedah yang harus selalu siap 24 jam di unit gawat darurat, sedangkan Meredith berjuang menaiki posisi puncak dalam dunia saham dan investasi yang notabene dikuasai oleh mayoritas kaum pria. Keduanya merupakan sosok cerdas, tangguh dan selalu siap menghadapi aneka tantangan dalam karir maupun kehidupan mereka. Terlepas dari gunjingan orang-orang di sekeliling yang mengomentari betapa ‘anehnya’ hubungan yang mereka jalin bersama, tampaknya baik Steve maupun Meredith mampu mempertahankan kehidupan berumah tangga dengan jeda waktu pertemuan yang kian melebar akibat kesibukan masing-masing.

Hingga Meredith harus sering bepergian ke kota lain demi menuntaskan negosiasi berkepanjangan perusahaan yang menjadi kliennya. Pengaturan jadwal antara Steve dan Meredith pada awalnya masih bisa disesuaikan, untuk memberi kesempatan pertemuan di sela-sela waktu yang kian jarang. Sayangnya hal ini mulai mengalami perubahan saat Meredith merasakan kecocokan dan kebahagiaan untuk menghabiskan waktu bersama Callan Dow – pemilik perusahaan yang diwakilinya. Perbedaan prinsip, kebiasaan dan perbincangan yang dilakukan bersama Steve terasa semakin membesar saat Meredith membandingkan waktu-waktu yang dihabiskan bersama Callan. Bersama Callan, banyak sekali kecocokan dan kesatuan pemahaman yang terjadi di antara mereka. Akan tetapi Meredith juga memegang prinsip untuk tidak begitu saja memutuskan ikatan pernikahan yang sudah dijalani selama bertahun-tahun. Lalu bagaimana ia menentukan sikap bagi masa depannya ?

Kisah ini cukup pendek, sesuatu yang sangat ku-syukuri karena tema yang diangkat tentang pasangan rumah tangga yang bukan saja mengalami krisis identitas menyangkut masa depan pernikahan mereka, melainkan memilih cara lain yaitu ‘berselingkuh’ dan menutupi perbuatan mereka masing-masing, bukanlah topik kisah yang kusukai. Baik Steve maupun Meredeith, keduanya tidak memiliki ‘kedewasaan’ untuk menentukan sikap hingga semuanya terlambat. Alasan kesibukan dan tidak mampu meluangkan waktu bersama-sama, hanyalah salah satu dari sekian banyak masalah yang seharusnya mereka hadapi dan selesaikan bersama-sama. Alih-alih masing-masing mencari pelarian dan kenyamanan dari pihak lain, yang dengan alasan simpati hingga jatuh cinta, menerima dan menjalin hubungan ‘dibelakang’ dengan pasangan yang jelas-jelas diketahui telah menikah.

Mungkin faktor budaya di Amerika yang cukup berbeda dengan adat dan kebiasaan yang selama ini kuyakini, tentang kebebasan untuk ‘berhubungan seksual’ dengan pria atau wanita yang bukan pasangan resmi masing-masing, membuat (alasan) kisah perselingkuhan ini menjadi ‘layak’ bagi beberapa pihak. Sayangnya sekali lagi penulis hanya memaparkan konflik dan jalan pelarian yang dipilih untuk diwakili oleh karakter masing-masing, tanpa memberikan kesempatan serta alasan yang lebih memadai untuk memahami perilaku sepanjang kisah ini. Karena kisah ini hanya tampil di ‘permukaan’ maka dari awal hingga akhir kisah ... hanya rasa sebal dan jengkel menonton perilaku manusia-manusia yang seenaknya sendiri dan cenderung sedikit ‘egois’ menyangkut mempertahankan alasan mengapa mereka melakukan ‘kekhilafan’ hingga berulang-ulang ...

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku 


No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...