Translate

Thursday, August 13, 2015

Books "THE TOUCH"

Books “THE TOUCH”
Judul Asli : THE TOUCH
[ Platinum Edition ; special revised edition ]
Copyright © 168, 1996, 2003 by Daniel Keyes
Penerbit Ufuk Fiction
Alih Bahasa : Meda Satrio
Proofreader : Reza Asyatri
Lay out : Ufukreatif Design
Desain sampul : Ufukreatif Design
Cetakan II : September 2011 ; 356 hlm ; ISBN 978-602-9159-39-4
Harga Normal : Rp. 60.000,-
Rate : 3 of 5

Barney dan Karen Stark tak pernah menyangka sebuah ‘kecelakaan’ mampu merubah seluruh kehidupan dan masa depan mereka. Pernikahan mereka yang berlangsung cukup lama, membuat Karen ingin memiliki keturunan mengingat usianya yang semakin bertambah, sedangkan Barney justru tidak terlalu antusias dengan keinginan Karen. Rutinitas sehari-hari yang lebih banyak dihabiskan untuk pekerjaan masing-masing, kemudian melepas lelah dan menghabiskan waktu bersama saat mereka berkumpul di rumah, semuanya cukup memuaskan bagi Barney. Namun Karen menginginkan sesuatu yang lebih, yang dipastikan akan membawa perubahan bagi kehidupan mereka.


Tanpa pernah menyangka, perubahan tersebut muncul dalam wujud yang sama sekali berbeda. Dimulai ketika terjadi ‘insiden kecil’ di perusahaan tempat Barney bekerja, yang disebabkan adanya kebocoran limbah nuklir berupa debu radioaktif dari laboratorium. Peristiwa yang segera ditangani dan berhasil ditanggulangi oleh pihak berwenang ternyata merupakan awal rangkaian bencana yang merenggut nyawa manusia. Kebocoran kecil tidak berhasil ditanggulangi dengan teliti, yang berbuntut pada penyebaran bahan nuklir di lingkungan masyarakat luas.

Barney adalah salah satu korban yang tertular melalui rekan kerja yang memberikan tumpangan mobil setiap hari saat mereka berangkat kerja. Ketika Barney mengetahui fakta tersebut, sudah terlambat untuk menyadari ia juga telah menularkan pada Karen, dan calon bayi yang sedang dikandungnya. Pihak perusahaan telah memberikan kompensasi ganti-rugi terhadap para korban, dengan perjanjian yang wajib mereka tanda-tangani saat menerima uang ganti-rugi yang lumayan besar. Kecuali Barney yang merasa curiga dengan keseluruhan aksi tersebut ...

Barney dan Karen terlambat menyadari bahwa mereka termasuk korban yang cukup parah, hingga penyakit mulai menggerogoti kesehatan mereka. Protes dan tindakan Barney yang menuntut perusahaan karena menyebabkan masa depan mereka sekaligus calon bayi yang dikandung dalam bahaya besar, tidak mendapat dukungan dari masyarakat. Pada masa itu, pengetahuan dan pemahaman tentang dampak bahan radioaktif yang terekspose langsung pada manusia belum diketahui secara luas. Yang terlihat hanyalah, pasangan Stark merupakan pihak serakah yang berniat mencari kekayaan dengan memperburuk nama baik perusahaan serta pihak-pihak yang terkait. Situasi bergulir dengan cepat ketika pasangan Stark harus berjuang melawan bukan saja perusahaan penyebab mereka ‘sakit’ tetapi juga masyarakat sekitar yang mengecam, mencemooh hingga melakukan teror untuk mengusir pasangan Stark dari wilayah mereka....

Semenjak awal kuduga ini merupakan kisah thriller dengan latar belakang sci-fi mengingat adanya keterlibatan bahan radioaktif yang masuk dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata lebih cenderung ke konflik drama keluarga, dan penulis lebih banyak memaparkan perubahan serta dampak psikologis terhdapa pasangan Stark daripada sisi sains. Jujur, karena buku ini kubaca di era pemahaman dan tehnologi (terutama bahan nuklir dan sejenisnya) telah cukup diketahui secara umum, tema kisah ini bukan sesuatu yang baru. Walau demikian rasa ingin tahu membuatku tetap tertarik untuk mengetahui kisah ini lebih dalam, sayangnya penulis justru tidak mengembangkan sisi sains sebagaimana kukatakan didepan. Awal pembuka kisah ini cukup menarik, hingga menjelang pertengahan, tampaknya penulis kebingungan hendak menuju penyelesaian yang bagaimana untuk tokoh-tokoh dalam kisah ini.

Setelah cukup berputar-putar pada sisi mental dan psikologis Barney Stark (yang secara umum bisa dikatakan mengalami gangguan jiwa, walau secara medis bukanlah hal yang sama), ending kisah ini bisa kukatakan mengecewakan. Terlebih karena penulis tidak memberikan kepuasan dalam menentukan nasib pasangan Stark, dan membiarkan situasi ‘menggantung’ sedemikian rupa. Edisi yang kubaca ini merupakan revisi dari edisi pertama, yang juga disadari oleh penulis bahwa sekian tahun kemudian pemahaman tentang dampak bahaya bahan-bahan kimiawi maupun radioaktif yang masuk dalam kehidupan sehari-hari tekah diketahui dan diwaspadai dengan lebih seksama. Dengan tambahan khusus. Penulis mengungkap fakta-fakta sepanjang sejarah, dimana penyakit terutama kanker yang muncul diakibatkan oleh penggunaan bahan-bahan berbahaya dalam jumlah kecil, yang terkandung dalam peralatan atau bahan makanan dan minuman yang beredar di masyarakat luas. Sebuah topik yang sangat menarik, dan sekali lagi penulis hanya mengungkap fakta-fakta yang terjadi, tanpa ada kaitan secara langsung dengan kisah ini.

[ more about this author & related works, just check at here : Daniel Keyes | on Goodreads ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...