Translate

Sunday, April 28, 2013

Books "SOMEONE TO WATCH OVER ME"



Books ”SANG PENJAGA HATI”
Judul Asli : SOMEONE TO WATCH OVER ME
[ book 1 of BOW STREET Series ]
Copyright © 1999 by Lisa Kleypas
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Elliyanti Jacob Saleh
Cover by Marcel A.W.
Cetakan I : Juli 2012 ; 424 hlm
Rate : 4 of 5

Setelah sekian lama tidak membaca karya penulis yang satu ini, ternyata beliau masih sanggup memberikan kejutan yang menarik dalam menuang ide-ide yang termasuk kontroversial pada tema-tema penulisan historical romance. Bagi pembaca yang tak terbiasa atau tidak terlalu menyukai genre romance seperti harlequin, Lisa Kleypas merupakan penulis brilian yang mampu menarik perhatianku untuk mengenal genre yang satu ini. Perbedaan nyata yang kudapati dalam karya-karyanya dibandingkan karya penulis lain pada genre yang sama, adalah ide, plot serta karakter yang kompleks dengan setting waktu yang tidak biasa. Bisa dikatakan beliau memadukan fakta-fakta sejarah dengan drama yang merupakan perpaduan antara thriller, misteri, romance dan pemahaman dari segi psikologis. Lisa Kleypas adalah penulis ‘novel’ yang mumpuni dan mampu menghipnotis para pembacanya dengan karakter-karakter tokohnya yang ‘tidak-biasa’.

Dan kali ini tema misteri dikombinasi dengan penyelidikan ala detektif menjadi sumber ide serial yang merupakan  salah satu favorit para penggemar karya beliau. Menyajikan tokoh-tokoh dibalik Bow Street Runner – sebuah biro penyelidikan swasta yang didirikan demi menegakkan keadilan di masa Inggris atau tepatnya kota London dilanda gelombang imigrasi yang berakibat pada meningkatnya kemiskinan serta angka kejahatan di wilayah tersebut. Pihak berwajib dalam hal ini kepolisian Inggris tak berdaya dalam menangani berbagai kasus ringan hingga berat. Para gembong penjahat bahkan semakin kuat, sebuah konspirasi dan pembentukan ‘mafia’ yang lebih terencana mengalahkan pihak berwajib di setiap langkah penanganan dan pengamanan yang dilakukan. Bow Street Runner didirikan oleh salah satu petinggi Inggris yang menerapkan metode serta peradilan yang berbeda, bahkan mereka menciptakan sendiri peraturan yang memberikan kebebasan serta wewenang tinggi para petugasnya untuk menuntaskan kasus per kasus. Pencurian, perampok, pembunuhan hingga korupsi, semua diberantas tanpa pandang bulu.


[ source ]
Kisah  dibuka ketika Grant Morgan – salah satu Bow Street Runner yang memiliki angka keberhasilan tinggi dalam setiap kasus yang ditanganinya, harus menyelidiki kasus yang semula dikira peristiwa kecelakaan biasa. Sang korban adalah wanita cantik yang dikenal sebagai Vivien Rose Duvall – wanita pengghibur kelas atas yang sangat terkenal. Korban yang semula dikira telah meninggal ternyata masih terselamatkan, dengan cedera cukup berat hingga diselamatkan oleh Grant Morgan ke kediamannya. Wanita muda ini telah dicekik dan ditenggelamkan, dan sebagai akibat ketika ia tersadarkan, ia mengalami amnesia, tidak mengenal siapa dirinya atau apa yang telah terjadi pada dirinya. Grant Morgan dihadapkan pada masalah yang cukup pelik. Ia harus segera menuntaskan kasus tersebut, mencari tahu siapa sosok di balik percobaan pembunuhan tersebut tanpa membahayakan jiwa wanita ini.

Seandainya ingatan Vivien pulih, ia bisa mengungkapkan peristiwa mengerikan yang telah dialaminya. Sembari menunggu kondisinya pulih, khalayak umum tiada yang mengetahui bahwa Vivien Duvall masih ‘hidup’ dan disembunyikan di kediaman Grant Morgan. Permasalahannya, Morgan juga memiliki kepentingan pribadi berkaitan dengan Vivien – wanita yang telah menyakiti hatinya dengan menyebarkan ‘fitnah’ dikalangan sosial masyarakat. Anehnya, meski ia membenci Vivien, tatkala melihat sosok wanita lemah tak berdaya yang diselamatkan ini, hatinya tergerak ke arah yang berbeda, ia ingin selalu dekat dan melindungi wanita ini dari segala hal yang mampu menyakitinya. Terbentur dengan konflik berkaitan dengan pekerjaannya serta pergulatan batin yang semakin melanda hati serta pikirannya dalam menghadapi Vivien Duvall yang semakin hari justru menunjukkan sifat serta karakter yang bertolak-belakang dengan yang selama ini ia ketahui, Grant Morgan harus segera mengambil keputusan penting yang menyangkut masa depannya.

[ source ]
Sejak halaman pertama, kisah ini sudah membuatku ‘terpaku’ dan melahap halaman demi halaman. Misteri serta ketegangan menyelubungi perjalanan karakter tokoh-tokoh di dalamnya, mengundang rasa penasaran serta ingin-tahu yang semakin lama semakin memuncak. Semenjak nama ‘Bow-Street-Runner’ disinggung dalam seri Hathaway (yang tak kalah memikat), sang penulis menepati janjinya dengan mengungkap lebih dalam dunia seputar usaha menegakkan keadilan di London, Inggris pada masa-masa sebelum munculnya  New Scotland Yard yang menerapkan metode, analisis serta penyelidikan langsung dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan. 

Meski tema yang diangkat sedikit mirip dengan drama-romance seperti Mirror Image karya Sandra Brown atau karya serupa dari penulis Danielle Steel dan Sidney Sheldon, Lisa Kleypas tetap memberikan ciri-khas tersendiri yang menghipnotis para pembacanya. Dengan cara yang cukup halus, ia juga mengangkat tema sosial-budaya kehidupan kalangan bangsawan kelas atas dibandingkan kalangan pengusaha yang berhasil merangkak dari kemiskinan. Jika Jane Austen menyoroti hal ini dalam Pride & Prejudice, maka hal ini juga akan terangkum dengan cara yang berbeda dalam kisah ini, Jangan pernah menilai sesuatu dari tampilan luarnya. Love-love-love this story (^_^)    

Tentang Penulis :
Lisa Kleypas, lahir pada tahun 1964 di Texas, Amerika, adalah penulis novel romance yang sangat produktif dan hampir seluruh novelnya masuk dalam jajaran bestselling novels. Ia memiliki kegemaran membaca, namun proses menulis dimulai ketika sedang menjalani liburan musim panas dan beristirahat dari kegiatan mata kuliahnya di bidang ilmu politik di Wellesley College. Dalam kurun waktu 2 bulan kemudian, novel perdananya rilis, saat ia baru berusia 21 tahun. Dan pada waktu yang sama, ia memenangkan gelar Miss Massachussets. Ketika turut serta dalam kompetisi Pemilihan Miss America, ia menyanyikan sebuah lagu yang ditulisnya sendiri, memberikan sebuah gelar “finalis berbakat”.

Semenjak itu, ia menekuni bidang penulisan secara serius dan hingga kini terus aktif menghasilkan berbagai karya baru. Novel-novelnya bukan saja masuk jajaran Bestseller tetapi juga menerima berbagai penghargaan dan telah diterjemahkan lebih dari 14 bahasa. Sebagian besar novelnya merupakan historical romance, namun semenjak tahun 2006, ia mengumumkan akan lebih banyak menulis genre contemporer romance. Kini ia tinggal di Washington, bersama sang suami Gregory dan kedua anaknya. 

[ more about author and her works, check on here : Lisa Kleypas Site's | on Wikipedia | on FaceBook | on Twitter  ]

Best Regards,
* Hobby Buku *

2 comments :

  1. Pertamax! :D wah karya Lisa Kleypas selalu keren ya :3 Jd pengen baca XD nice review. Thanks (:

    ReplyDelete
  2. interest:D ngomong2 ini novel dewasa bukan sih? hehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...