Translate

Monday, October 29, 2012

HOW I MEET MY BEBI



HOW I MEET MY BEBI 

Pada tanggal 27 Oktober 2012 kemarin ternyata ada Peringatan Hari Blogger Nasional (baru tahu), dan karena diriku sudah ‘mengaku’ (akan ) menjadi Blogger yang serius, plus ada ajakan dari grup imut para penggila buku yang bernama BBI (Blogger Buku Indonesia) untuk melakukan posting bersama tentang riwayat dan sejarah masing-masing saat bergabung dengan grup ini. 

Perjalanan-ku menulis lewat blog dimulai pada awal millenium (jadi sekitar awal tahun 2000), terutama semenjak kenal dengan grup “Kubugil” (KutuBukuGila), melihat postingan Duma ‘Kobo’, mbak Endah ‘Perca’ Sulwesi, lalu ada Suhu aka Rahib ‘Tanzil-Hernadi’ (tidak jelas nama aslinya haha), dan blog mbak Poppy ‘Arwen’ yang keren banget, membuat diriku tergerak membuat blog seputar review buku yang kubaca. Dan terbitlah 4 blog (2 di akun blogspot, 2 di akunmultiply). Ternyata melakukan komitmen menulis di blog butuh kesabaran serta ketekunan, serta disiplin untuk rajin posting, sesuatu yang akhirnya tidak dapat kulakukan karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan diriku sering ‘terjun-ke-lapangan’ alias mondar-mandir dari kota ke kota (harapannya tugas antar-negara, apa daya kemampuan bahasa terbatas).



Singkat cerita, riwayat ‘ngeblog’ jadi terlantar, nyaris tak tersentuh selama berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun. Lalu di penghujung akhir tahun 2011, saat semua tugas lapangan telah kudelegasikan pada rekan-rekan lain, tugas jauh lebih santai dan seringkali bisa dilakukan sembari di rumah, timbul pikiran untuk aktif kembali ke dunia blogger. Apalagi daftar bacaanku telah bertambah banyak setelah sekian tahun lamanya. Saat sedang mempersiapkan diri, awal tahun 2012 diriku diundang oleh pihak Serambi cabang Surabaya karena ada temu-muka dengan perwakilan dar Jakarta. Dan disinilah diriku bertemu dengan 2 orang blogger penggemar berat bacaan klasik bernama Fanda dan Melisa. Dari mereka berdua, semangatku untuk memulai perjalanan baru di dunia blogger semakin terangkat. 

Alhasil pada bulan Maret, terlahirlah 4 blog baru dengan nama HobbyBuku’s Classic ( khusus bacaan genre klasik dan fiksi historis) ; My Fantasy Dreamland (khusus bacaan serial fantasi) ; HobbyBuku's Mystery Stories (khusus bacaan genre misteri, thriller, suspense, detektif) ; dan My Little Garden of Story (untuk genre di luar ke-3 blog lainnya). Akun multiply terpaksa dihapus dan boyongan, sedangkan 2 blog di akun blogspot sebelumnya tetap dipertahankan dan ‘sedang-dalam-proses’ untuk diaktifkan mulai tahun 2013, dengan kontent bacaan fantasi kompilasi serta khusus children literature.  Mengapa blog-nya dipisah-pisah, tidak dijadikan satu blog saja ? Ini pertanyaan yang sering terlontar saat melihat bio-ku. Alasan utama pembagian blog berdasarkan genre untuk memudahkan diriku yang suka malas update data, sekaligus memudahkan mengingat bacaan mana yang sudah selesai, mana yang belum, mana yang dalam proses, dan lain-lain. Alhasil kinerjaku juga semakin cepat, lancar dan lebih rapi dari sebelumnya yang hanya berdasarkan ‘mood-pengen-baca-dan-review’.

Nah, entah bagaimana pastinya, yang jelas suatu hari Fanda mencolek via akun FB bahwa diriku dimasukan dalam grup BBI ini. Begitu join dan berkenalan sekilas dengan membernya (cuman kenal Fanda dan Melisa saja waktu itu), eh ternyata ada nama-nama lama yang kukenal. Ada Rahib yang diangkat sebagai Tetua Kehormatan, ada Ally yang dulu waktu pertama kenal masih malu-malu, ternyata prestasinya di dunia penulisan bikin kagum sekaligus iri (ketinggalan kereta banget soalnya), lalu ada mbak Ferina yang blognya tetap setia terisi konten-konten bacaan sekian tahun, siapa lagi ya ... Dan yang lebih pas lagi, ada event Giveaway Blog Hop sebagai Peringatan Tahun Pertama BBI, wah asyiknya, jadilah diriku ikut-ikutan meramaikan padahal temanya harus mencakup novel / buku karya asli, sempat bikin kelabakan karena sudah bertahun-tahun tidak membaca apalagi mengikuti perkembangan novel karya asli. 

Disusul dengan peringatan hari jadi HobbyBuku di bulan April, respon para peserta luar biasa bagi ‘newbie’ di BBI, semakin senang rasanya. O’ya sebelumnya sempat ketar-ketir karena mendadak akun-ku tidak bisa diakses postingannya, mau nangis dan teriak, apalagi event Giveaway sudah dekat, mana diriku sudah sekian tahu vakum dari per-blogger-an, harus belajar kilat fitur-fitur barunya, cara aplikasinya, huaahh ... beruntung ada peri-peri baik hati yang bersedia memberikan saran untuk mengatasi problem blogger yang gaptek seperti diriku, thanks to Mr. Helvry dan Mr. Amang  (yang waktu itu bahkan tidak kukenal namanya hihi) \(^_^)/

Tak terasa sekarang sudah akhir Oktober, menjelang November dan akan segera menuju tahun 2013. Jika dulu awal permulaan perkenalanku dengan dunia blogger terasa menyenangkan, namun harus menyelesaikan segala permalasahan sendiri (termasuk melahap buku-buku panduan yang membuat kepala semakin pusing), maka kesempatan kedua di tahun 2012 ini menjadi semakin meriah karena adanya BBI, kumpulan teman-teman setanah air yang sama sekali belum pernah bertemu muka dan harus puas memandang fotonya (entah asli atau rekayasa, siapa tahu ada alien yang menyamar), yang jelas tidak peduli bagaimana tampang masing-masing, semuanya memiliki kesamaan :’gila-buku’.  Bahkan belajar menggunakan ‘raffecopter’ untuk giveaway, mengikuti blog hop, mengikuti Reading Challenge hingga akhirnya membuat Reading Challenge sendiri, semuanya berkat bantuan saran, masukan, bahkan keikut-sertaan para peserta untuk meramaikan, jika bisa dihitung dengan pundi-pundi emas, maka rasa terima kasihku akan menjadi buntelan yang sangat besar (^_^)

[ with Nophie, Inge, Zian, Stefanie, Melisa, Fanda & Mr. Wisnu ]
Duniaku yang dulu hanya berputar pada kenalan yang itu-itu saja, berkembang sangat pesat, memperkenalkan dunia buku yang tak terbatas, lewat Fanda akhirnya kumulai membaca ‘timbunan-koleksi-klasik’ bahkan berani melangkah ke level yang lebih berat meski masih dengan ‘baby-step’ ; melalui mbak Astrid, mbak Annisa, Melisa ternyata ada buku-buku luar yang belum pernah kutahu dan sangat menggoda untuk dibaca (dan dikoleksi tentunya  à masuk ‘Wishlist’), dengan Ally yang sama-sama suka Fantasi, saling tukar info dan saling mempengaruhi satu sama lain hehe. Bertemu mbak Mia yang selain suka buku juga movieholic seperti diriku (teman ngobrol soal film via twitter). Bahkan ada grup baca ’50 shades..’ yang meski tidak ikutan baca (belum berani coba), tapi diriku suka baca postingan mereka yang bisa bikin stres hilang (terutama tulisan mbak Dewi).

Wah jika mau sharing tentang sejarah bersama BBI, rasanya harus buat chapter khusus, yang jelas masuknya diriku sebagai member BBI merupakan titik tolak yang memberikan jalan bagi keseriusan diriku sebagai calon-blogger. Meski tulisanku serta peran serta diriku masih jauh dari sempurna, namun di tahun ini, bukan hanya start tetapi alur serta tujuan sudah terbentuk, semangat yang sering padam bisa segera dibangkitkan, cukup dengan menengok aktifitas para BBI-ers, bahkan beberapa bersedia menjadi pengganti Christian Grey untuk ‘melecut’ diriku agar maju dan menerima tantangan (tapi diriku bukan tipikal Ana lho, yang suka ‘main-begituan’ ). 

Seandainya kisah perjalananku dengan Bebi bisa dibuat serial drama, mungkin mirip dengan kisah ‘How I Meet Your Mother’ – sitkom yang semula kukira biasa-biasa saja, ternyata malah membuat kecanduan. Kisah yang penuh dengan problematika tentang hubungan antara manusia, saat bahagia maupun sedih, saat sedang marah atau ingin berbuat gila-gilaan. Keakraban serta persahabatan bisa terjalin diantara manusia-manusia yang berbeda sifat serta karakter, apalagi jika memiliki kesamaan minat seperti para BBI-ers. Jika ada hadiah yang bisa kuberikan pada BBI alias Bebi yang katanya suka makan bakpau dan minum Fanta Biru (keturunan Smurf-kah), I will try to do the best thing to give your Wishful Dreams, mean while let me give you warm hugs (no kisses tough) .... Thank You Bebi and all BBI-ers *berpelukan* (^_^)

Best Regards,
Hobby Buku aka Maria 

37 comments :

  1. sejauh ini kayaknya kamu mbak blogger yang punya blog banyaak dan bertahan update teratur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. salut dengan semangat blogging-nya

      Delete
    2. aiii...thanks a lot mbak Vina dan mbak Desty, ini semua berkat dorongan kalian semua, klo 'sorangan-wae' banyak malesnya :D

      Delete
    3. Iyaaa... aku pengen banget bisa disiplin baca+review teratur kayak mba Maria tapi susah *kurang niat* #plakk

      Delete
    4. jangan pukul-pukul gitu Ky, kan sakit ... *jewer aja* hihi (pssst jangan diingetin, aq juga suka males kok)

      Delete
  2. mba maria, aku Ana yang"main begituannya"mainan buku lohh maksudnya.. hahahaha...

    Wah ternyata sesepuh kubugil. dulu yg kutahu cuma Kobo aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouw... baru tahu klo 50 shades berdasarkan kisah mbak Ana hihi *kabur sebelum dicambuk*

      Delete
  3. Jika nanti sudah baca Fifty, ditunggu kehadirannya dalam grup ini :))
    Salut banyak banget blognya. Aku aja cuma 1 masih suka ga keurus X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entar nunggu terjemahannya aja :D klo bahasa asli takutnya jadi 'ilfil' --- sementara sudah terhibur dengan review kalian :D

      Delete
  4. aaak..nama saya disebut *peluk*
    waah..mbak maria ini ternyata blogger senior yang sudah mencicipi dunia blogging lebih dari satu dekade *hormat*

    semoga ada kesempatan maen ke surabaya ketemu mbak maria, mbak fanda, melisa, dan lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo Helvry, main ke Surabaya sinih...katanya pengen masuk2 katedral, hahaha...

      Delete
    2. klo sekarang mah 'newbie', belum juga setahun aktif, dilihat seberapa lama ketahanannya hehe, smg tetap lancar-jaya semua ya :D

      Delete
    3. *ikut ngomporin bang Epi supaya dateng ke Sby*

      Delete
    4. wah bakalan seru nih masuk katedral sambil diceritakan sejarahnya sama para bloger klasik, hahaha

      Delete
    5. Ayo dibuatin jadwal kapan mau berkunjung :D mau tour keliling church atau museum atau wisata kuliner di kota tua, eh kayaknya aq sendiri belum pernah nih.

      Delete
  5. Eh kita kopdar Serambi itu awal tahun ya? Lumayan lah berhasil menggeret 1 'korban' buat berbagi bacaan klasik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikau membangkitkan 'alam-bawah-sadar-ku'--ada saudara kembar yang titisan era kuno :D
      Aq belum balas budi ganti menceburkan dirimu ke genre lain ya (^_^)

      Delete
  6. mba mariaaa postingan kt judulnya sama *kompak* BBI emang top yaaa..dirimu juga banyak banget bikin aku ngiler dengan colekan2 PO nya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan dikau membuatku 'berliur' dengan wishlist di WW mbak :D

      Delete
  7. saluuuuuut ama mba' Maria... akunnya buanyak dan terus update... kereeeeen semoga bisa nular ya mba' semangat baca dan reviewnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Inge, nanti klo si-dedek sdh nongol, pasti tambah semangat ngedongengin 2 orang kan :D

      Delete
  8. barutahu kalau mb Maria sesepuh Kubugil juga, yang paling khas dari mbak Maria adalah blognya yang banyak banget, rajin lagi, aku aja pusing antara baca atau bikin review karena g ada waktu, salut sama mb Maria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya aq bikin reading challenge itu mbak, spy aq sendiri teratur baca-review, tdk mengandalkan mood aja hehe *selfreminder*

      Delete
  9. Wuih mbak Maria sesepuh Kubugil? *hatur salam sambi minta buntelan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nih *kasih bungkus paket buku* hihi, yang sesepuh itu mah Rahib, daku masih 'newbie' nih, mau butuh asupan buntelan :D

      Delete
  10. Ikut seneng kalo pertemuan sama Serambi dulu itu jadi titik tolak kembalinya mbak Maria ke dunia blogger buku dan jadi salah satu pecinta klasik juga :D
    Thanks untuk info2 promo bukunya jugaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mel, thanks juga bikin 'ngiler' dengan postingan buku-buku klasiknya :D

      Delete
  11. Wahh...ada namaku disebut *terharu*
    Kapan2 gabung sama 50United yuk, mbak ;)

    Aku saluuuttt sama mbak Maria yang rajin review, kecepatan bacanya level dewa dan update tentang PO buku. Ayooo bahas mitologi kapan2, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaduuh level dewa hihi ... eh dewa apa (jangan-jangan yang di underworld, jadi persephone donk) enaknya jadi apa ya *malah-ngelantur*

      Delete
  12. kayanya mba Maria adalah sumber informasi untuk buku apa saja ya, tinggal pilih blog-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eerrr .... kurang tepat mbak, klo masalah buku kacrut sama erotica aq ngak sanggup hahaha :D

      Delete
  13. Speechless kalo liat update blog Mbak Maria yang teratur, bikin iri berat! belum lagi, reviewnya yang terkadang bisa detail banget. haduh salut dah!

    salah satu blog rujukan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhh... thanks berat mbak sinta, mohon masukannya spy diriku lewat blog-blog ini tetap bisa belajar terus, bukan untuk sempurna tapi jadi lebih baik :D

      Delete
  14. Aku tuh suka speechless dan salut ngeliat blognya Mbak Maria. Cepat banget update reviewnya. Gak kayak diriku yang malas bikin review.

    Hal lain yang aku salut dari Mbak Maria adalah nggak ada blognya yang ter-anak tiri-kan. Semua selalu update dalam waktu yang nggak begitu jauh berbeda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru karena lihat semangat dan perkembangan teman-teman lain termasuk dirimu mbak yang bikin aq tidak pernah bisa berhenti, klo seorang diri pasti banyak malasnya, makanya untung banget ketemu kalian semua *hugss*

      Delete
  15. Pake ada Christian Grey nya segala ituuuuuuu... *ketawa ngakak2*.. Senang berkenalan denganmu mba, I'm honored..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aq sudah keracunan sedikit sama mbak Dewi, Ren, dll deh (padahal cuman baca review mereka, belum juga baca bukunya) hahaha ... nice knowing you too mbak, it's a blessing meeting you all BBI-ers *another hugs*

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...