Translate

Monday, September 28, 2015

Books "THE GHOST"

Books “BELENGGU MASA SILAM”
Judul Asli : THE GHOST
Copyright © 1997, 1999 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Widya Kirana
Cetakan III : Juni 2005 ; 416 hlm ; ISBN 978-979-655-260-3
Harga Normal : Rp. 50.000,-
Rate : 4 of 5

Charles ‘Charlie’ Waterson telah menjalani kehidupan yang diimpikan oleh semua orang, jatuh cinta dan menikah dengan gadis pujaan hati, pekerjaan yang sangat disukai ditunjang karir yang melesat tinggi. Hingga suatu hari Carole – kekasih hatinya, mengakui telah berselingkuh dan meminta perceraian karena ia telah jatuh hati dengan pria lain. Kemudian bagaikan sebuah roda, kehidupan Charlie pun berputar ke arah yang berbeda. Kepedihan hati membuatnya tidak mampu fokus pada pekerjaan, dan akhirnya ia ‘diminta’ untuk mengambil alih kantor cabang di New York, Amerika, meninggalkan kehidupan kota London, Inggris yang sangat ia sukai selama 10 tahun terakhir bersama Carole.


Proses perpindahan yang dipaksakan, ternyata bertambah buruk karena situasi kantor di New York yang sama sekali di luar perkiraan Charlie. Stress dan tertekan, ia nyaris memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Karena khawatir harus memberikan pesangon yang besar jika Charlie sampai keluar begitu saja, pihak perusahaan membujuk Charlie agar mengambil cuti panjang. Maka menjelang Natal, Charlie mendapati dirinya dalam perjalanan menuju wisata ski di Vermont. Di tengah perjalanan, akibat cuaca yang tidak mendukung, Charlie harus singgah di kota kecil Deerfield. Tanpa sengaja Charlie menemukan rumah peristirahatan yang sebenarnya sedang libur, dikelola oleh seorang wanita yang ramah.

Gladys Palmer – sang pemilik, menawarkan penginapannya bagi Charlie, dan persahabatan unik segera terjalin di antara kedua orang yang asing satu sama lain. Gladys hidup seorang diri, ia kehilangan suaminya, bahkan putra, menantu serta cucunya juga meninggal dalam sebuah kecelakaan tragis. Kekuatan Gladys untuk pasrah dan menjalani kehidupan dengan sepenuh hati walau telah mengalami peristiwa tersebut, membuat Charlie tiba-tiba merasa dekat dan menyayangi wanita tersebut bagaikan ibu kandungnya. Niat Charlie untuk berlibur ke Vermont pun dibatalkan, alih-alih ia memilih menyewa château – kastil mungil peninggalan keluarga Gladys Palmer.

Kastil tersebut sangat menawan sekaligus memiliki sejarah yang tak kalah menarik. Dibangun pada abad ke-18 secara khusus oleh seorang pria demi kekasih hatinya, wanita bernama Sarah Ferguson yang merupakan moyang dari Mrs. Palmer. Dan pada malam Natal, Charlie mendapat ‘kunjungan’ dari sosok hantu yang diduga sebagai Sarah Ferguson. Keanehan ini disusul dengan penemuan tak terduga, sebuah buku harian yang berada di tempat tersembunyi. Dari sini, Charlie mulai mengikuti perjalanan sosok Sarah Ferguson yang telah menjalani pahit-getir serta kerasnya kehidupan, namun tak pernah menyerah hingga ajal menjemputnya.

Kisah ini sedikit mengingatkan karya penulis berjudul ‘Legacy’ – yang mengangkat dua kisah yang berbeda seting, modern dan masa lalu, yang menghubungkan sosok wanita modern di abad ke-20 dengan wanita suku Indian pada masa masuknya bangsa Amerika di wilayah mereka. Sebagaimana kisah ‘Legacy’ memikatku dari sisi sejarah masa lampau, kisah ‘The Ghost’ juga menyajikan sesuatu yang berbeda dan sangat menyentuh, tentang wanita bernama Sarah Ferguson – bangsawan asal Inggris yang diam-diam melarikan diri dari suaminya yang keji dan senantiasa menyiksa dirinya secara fisik maupun mental, bahkan telah mengancam untuk menghabisi nyawanya.

Kenekadan Sarah untuk menyeberangi benua dengan kapal kecil, menuju wilayah yang dikenal sebagai Dunia Baru (= Amerika, tepatnya kawasan yang juga dikenal sebagai New England), seorang wanita tanpa pendamping berada di wilayah yang sama sekali asing baginya, sungguh membutuhkan keberanian yang luar biasa. Ketika akhirnya berhasil (dan selamat) dalam menempuh perjalanan panjang di lautan luas, Sarah harus beradaptasi dan berjuang di lahan baru, kawasan yang menjanjikan sekaligus masih liar, dengan adanya peperangan antara pendatang kaum kulit putih dan suku-suku Indian.

Ketika Sarah bertemu dengan pria yang awalnya disangka sebagai kepala suku Indian, François de Pellerin – bangsawan Prancis yang telah menjalani kehidupan bersama suku Seneca dan mendapat status kehormatan dengan julukan White Bear, ini merupakan awal dari serangkaian perubahan besar dalam kehidupan Sarah. Kerja keras untuk membuka lahan seorang diri hanya dibantu oleh pegawai-pegawai yang dipilih, menolak lamaran pria-pria terhormat yang tertarik pada dirinya, menimbulkan gunjingan di kalangan kaum wanita terhormat, hingga menjalin persahabatan unik dengan orang-orang yang bersedia menolongnya tanpa pamrih.

Menjalani dua kisah yang berbeda, antara kehidupan modern dimana Charlie Waterson berusaha menyusun kembali keping-keping kehidupannya yang tercerai-berai, dengan kisah pergulatan yang tak kalah menegangkan pada sejarah kehidupan Sarah Ferguson, jalinan kisah ini diramu sedemikian rupa hingga menjadi sesuatu yang menyentuh sekaligus bikin ‘nangis’ (siap-siap tisue sekotak deh), terutama pada sisi kehidupan Sarah yang azubilah benar-benar bikin deg-degan berulang kali. Sama dengan kisah ‘Legacy’ yang lebih condong menyentuh pada sisi ‘soft-romance’ – sisi sejarah serta latar belakang yang unik, merupakan salah satu keunggulan penulis yang kusukai.

Entah mengapa beliau justru lebih memilih mengembangkan kisah-kisah modern yang jujur notabene nyaris stereotype-stories yang bisa ditebak dan cukup membosankan untuk seleraku. Padahal beberapa karya beliau yang mengandung unsur historis, justru memiliki poin tersendiri yang menarik dibandingkan kisah-kisah lainnya. Beberapa judul yang sempat kuingat, Legacy (Garis Keturunan) tentang perjalanan wanita suku Sioux yang memilih hidup bersama pasangannya di Prancis pada saat Revolusi meletus, H.R.H. (Sang Putri) mengangkat tokoh putri kerajaan Eropa usai PD II yang memilih menjadi pekerja sosial PBB di Afrika, Wanderlust (Bara Kelana) dan The Ring (Cincin Warisan) yang mengangkat kondisi bangsa Yahudi dan bangsa lain yang diburu sepanjang masa oleh Nazi, Jerman, semuanya memiliki makna dan kesan yang lebih dalam tentang perjuangan serta pergulatan hidup manusia. Demikian juga The Ghost (Belenggu Masa Silam) yang cukup tipis namun sarat dengan kisah yang tak mudah dilupakan begitu saja.

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...