Translate

Sunday, April 13, 2014

2014 GUEST POST & HOST : "MEET PURPLE BOOKISH WITH LILIS"

BBI ANNIVERSARY GUEST POST & HOST 2014

Hi everyone !!

Setelah sukses dengan event Giveaway Hop 2014 yang berlangsung selama 14 Maret 2014 – 11 April 2014 dalam rangka memperingati ulang tahun BBI yang ke-3 pada tanggal 13 April kemarin, kini masih ada satu event yang berlangsung antar member BBI yaitu ; GUEST POST & HOST 2014. 

Tujuan event ini adalah untuk mempererat hubungan dan komunikasi antara para member, melalui serangkaian interview serta ‘special posting’ yang dilakukan antar Guest & Host blog masing-masing. Secara pribadi, diriku tertarik untuk berpartisipasi, dikarenakan keinginan untuk mengetahui lebih jauh rekan-rekan yang selama ini hanya dikenal sepintas lalu melalui dunia maya. Apalagi dengan perkembangan jumlah member baru yang luar biasa selama setahun terakhir ini, acapkali membuatku terkejut sekaligus agak malu karena tidak mengenal siapa gerangan para member baru ini. 

Melalui undian yang diadakan oleh Divisi Event, untuk kesempatan kali ini, diriku berkesempatan melakukan Interview Up-Close & Personal dengan mbak Cut Lilis dari blog dan Hobby Buku juga berkesempatan menjadi Guest (tamu) di mbak Essy di blog-nya Mari Membaca. Seru kan !! Nah, tambah berlama-lama, yuk kita sambut tamu di blog Hobby Buku kali ini : CUT LILIS RUSNATA dari blog “Purple Bookish” (iya blog-nya serba cute purple deh)



[ LIVE INTERVIEW ]
~ UP-CLOSE & PERSONAL 
with 
CUT LILIS RUSNATA ~

Hi mbak Lilis, salam kenal ya boleh sedikit sharing awal perkenalan dengan BBI hingga tertarik untuk bergabung ?
ᴥ Awal mula tertarik gara-gara ‘terdampar’ di salah satu blog member BBI, terus nemu blog agregator dan blogwalking ke beberapa blog member. Kok kayaknya seru banget punya blog khusus ngebahas soal buku, soalnya blogku sendiri klo bahas buku suka campur-campur dengan curhat dan cerita-cerita lain, ya semacam blog pribadi begitu. 

Berarti sebelumnya sudah sering menulis melalui blog ?
ᴥ Dulu aku sering nulis, lebih tepatnya curhat sih, di blog : http://cut-lilizrusnata.blogspot.com terkadang aku juga bahas tentang buku yang kubaca di blog pribadi lainnya, saking keseringan bikin blog baru, suka lupa sama passwordnya (-__-) 

Wah berarti sudah tidak asing dengan dunia blogger ya. Kapan kira-kira mulai menulis melalui media blog, dan mengapa menulis ?
Klo tepatnya sih gak inget mbak ... rasanya semanjak aku ikut pendidikan ikatan dinas di kantor, jadi waktu itu kami ‘seperti’ dikarantina, pas Wifi di tempat diklat dan asrama lumayan kenceng, jadi aku suka nulis buat curhat di blog hehe. Alasannya ... karena nulis lebih gampang, soalnya klo mau curhat langsung, aku milih-milih sama siapa, nah klo ngeblog kan tinggal nulis aja tidak pakai pusing mikir ini itu. Jadi mendadak keingat nama blog-ku pertama waktu itu, duh alay banget “Sweetgirlz’ Diary” lengkap dengan huruf besar kecilnya *ngakak*

Omong-omong mbak Lilis profesinya apa nih, sepertinya sering tugas keliling ya ?
Aku kerja di PLN mbak, bagian SDM. Klo keliling itu sih aslinya jalan-jalan, refreshing hihihi, atau kalo pas ditugasin ke luar kota sama kantor, ada kesempatan buat jalan ... aku bakalan pasti jalan-jalan \(^0^)/

Bacaan kesukaan mbak Lilis seperti apa, atau ada penulis dan buku favorit ?
Sejak bergabung dengan BBI, aku mulai baca semua jenis buku mbak, tapi secara pribadi aku paling suka sama romance, mungkin karena masih single sampai sekarang hihihi #malahcurhat. Klao penulis favorit lokal ada beberapa yang aku suka, seperti Karla M. Nashar dan Orizuka (kecuali novel karyanya yang berbau korea), lalu aku juga suka tulisan dan Brown dan Enid Blyton.

Wah ... sesama single-fighter nih mbak #ehem (^-^) ... Btw, kegemaran membaca itu dimulai sejaka kapan ? Apakah ada seseorang yang mempengaruhi kebiasaan itu ?
Hihihi ... iya samaan. Mmm, suka baca dari SD sih, terus mungkin karena ayah seorang guru dan sering bawa pulang buku-buku untuk bacaan. Rumahku di Aceh dulu kebetulan juga dekat dengan Perpusda, jadi sepulang sekolah biasanya suka main ke sana.

Ohhh...aslinya dari mana mbak, kok bisa domisili di Medan sekarang ?
Asli dari Aceh, tepatnya Aceh Barat, pernah dengar nama Meulaboh nggak mbak ? Itu kota kelahiran saya, kemudian terdampar di Medan sejak tahun 2008 waktu keterima kerja di PLN.

Hahaha... duh, pengetahuan geografiku jelek mbak, kudu buka peta ini. Wah, perpindahan dari Aceh ke Medan pasti berat ya, banyak perubahan yang dirasakan bagi mbak Lis, terutama menyangkut dunia perbukuan dalam geografi yang berbeda ini ?
Meulaboh itu dekat dari pusat gempa tsunami mbak, kira-kira itu ancang-ancangnya. Perbedaan dan perubahan, banyak mbak. Kalodi Aceh sumber-sumber bacaanku berkisar dari Perpus, Rental komik, buku-buku milik ayah dan sebagian pinjam dari teman, soalnya di sana tidak ada toko buku semacam Gramedia begitu, ada pun kurang lengkap koleksinya. Nah, kalo di Medan kan lumayan banyak pilihan toko buku, termasuk Gramedia, meski jarang banget kasih diskon hihihi.

Wah ... keluarga mbak Lilis masih di Aceh, bagaimana keadaan setelah Tsunami, semoga baik-baik saja ya. Toko buku Gramedia sekarang sudah adakah di Aceh ? Aku pernah ke Medan, duh kacau balau lalu lintasnya, lebih parah dari Surabaya, sekarang masih seperti itu mbak ?
Alhamdulilah ... setelah Tsunami semuanya perlahan kembali menjadi baik seperti sedia kala. Toko buku Gramedia adanya di Banda Aceh, kalo di tempatku sih belum ada, paling cuman KFC aja hehehe. Iya, masih kacau lalu lintas di Medan ... bikin stress. Pulang pergi kantor ketemunya macettt, belum lagi supir angkot yang seenaknya pakai jalan, kita sudah hati-hati aja masih bisa juga ditabrak atau disenggol. Oh... mbak maria asli Surabaya ?

Iyaaa mbak, asli arek Suroboyo, cuman pekerjaan sempat bikin harus keliling kota-kota termasuk luar Jawa. Paling susah klo ke Medan sendirian, tidak tahu jalan plus taksinya tidak mau pakai argo (-__-)
Hihihi ... iya mbak, ada itu taksi-taksi nakal, aku juga pernah sudah naik taksi akhirnya keluar lagi gara-gara supirnya tidak mau pasang argo. Paling banter naik taksi si burung biru, lumayan sedikit bisa diandalkan. Ntar kalo mbak Maria ke Medan lagi, calling-calling aku aja, ntar aku jadi guidenya deh hehehe.

Iyaaa nih, sekarang setelah bergabung dengan BBI bisa punya kenalan untuk jadi guide di tiap wilayah Indonesia hahaha. Kembali ke laptop ... eh interview. Dari mulai bergabung dengan BBI, ada momen yang paling berkesan secara pribadi bagi mbak Lilis ?
Ada mbak, momen paling berkesan itu pas kopdaran pertama sama BBI Medan ... dan ini pertama kali aku ikutan kopdar, rada takut begitu klo nanti aku gak cocok dengan mereka atau klo gak nyambung pembicaraanya. Eh ternyata setelah ketemuan, malah seru dan asyik, jadi akhirnya bikin agenda buat kopdaran sebulan sekali.

Ada member BBI atau blog yang jadi favorit mbak Lilis sejauh ini ? Atau bahkan jadi ‘new BFF’ setelah saling kenal ?
Aku sering main ke blog-nya mbak Sulis, mbak Putri, mbak Ren dan beberapa member BBI yang aku follow. Aku juga sering blogwalking ke blog-nya mbak Maria yang banyak itu lho, malah ikutan RC-nya juga (^-^) ... wuih, mbak Maria keren bisa nge-bagi blognya sesuai genre.

Waduh ... sekarang aku yang jadi malu nih, apalagi jarang blogwalking (>,<) tapi kudu mulai rajin keliling lagi deh, apalagi sekarang banyak banget blog-blog member baru yang sama sekali tidak kukenal. Untung ada event ini, paling tidak jadi kenal lebih dekat dengan mbak Lilis.. Btw ... selain suka baca buku, nulis di blog, jalan-jalan, ada hobi  / kesukaan lainnya mbak ?
Hehehe ... aku hobi makan mbak, menurutku gak ada makanan yang gak enak di dunia ini (^0^) dan makanan favorit-ku semua makanan yang dimasak ibuku (mainstream ya, maklum anak rantau, jarang makan masakan rumahan jadi suka kangen). Selain itu suka juga nonton film, terakhir sempat nonton RIO 2, tapi paling suka sama tontonan drama Korea.

Berarti kita bisa jalan-jalan kuliner nih mbak klo ketemuan ... aku juga ‘culinary-foodie’ suka coba-coba masakan baru atau ada resto dan cafe unik yang baru buka.
Iyaaaa mbak, nggak bakalan nolak kalo ditawari makanan, makanya badanku bisa jadi seksi begini hahaha.

Pilihan bacaan yang disukai apa nih, misalnya antara fiksi dan non fiksi, buku lokal dan terjemahan, cerpen dan puisi ?
Klo non fiksi terkadang aku baca juga sih mbak, tapi lebih suka bacaan fiksi sebenarnya. Lokal atau terjemahan sama saja, tergantung cerita dan penulisnya juga sih. Tapi paling tidak suka dengan novel lokal yang ikut-ikutan sok Korea (banyak banget sekarang, apalagi jenis fanfic yang ngak banget deh ceritanya). Klo cerpen dan puisi ... aku gak terlalu suka puisi, suka bingung sama bahasanya. Nah klo cerpen sekarang jarang baca, dulu suka melalui majalah-majalah.

Ok, sekarang apakah ada hal / pertanyaan yang mau mbak Lilis berikan kepada aku ... komunikasi kan jalan dua arah (^-^)
Asli aku penasaran, gimana me-manage blog mbak yang banyak itu ? Nggak pusing tuh ngurusnya mbak ?

Mmm...pusing sih, tapi karena sudah komitmen sejak awal dan dibiasakan, lama-lama berjalan apa adanya. Lagi pula ada alasan khusus mengapa kubuat terpisah, meski kesannya rumit, ini justru memudahkan diriku melakukan manajemen sistem terhadap timbunan koleksiku yang ampun-ampunan itu. Nanti aku share-kan dalam postingan khusus yang memang sedang kupersiapkan ya (^_^)
Wow !!! Hebat. Aku aja punya satu blog, jarang update malahan.

Klo tidak dibuat tantangan terkadang malah tidak jalan-jalan nih mbak hehehe ... klo begini, mau tidak mau kudu dikerjakan. Pepatah Bisa Karena Terpaksa kadang cukup manjur buat ngepush penyakit males dan moody. Untungnya di sini aku enjoy dan suka dengan aktifitasnya (^_^).
Ok yang terakhir sebelum aku membiarkan mbak Lilis begadang semalaman dengan pertanyaan-pertanyan usil, apa harapan dan impian dari mbak Lilis melalui dunia buku dan melalui BBI ?
Semoga BBI dan membernya semakin kompak dan semakin semangat dalam menyebarkan virus membaca dan sekali lagi Happy Birthday BBI !!

Thanks atas sharing dan waktunya mbak Lilis, semoga tetap bisa saling kontak meski tidak melulu melalui event khusus seperti ini ya.
Iyaaa ... sama-sama, senang sekali berkenalan dengan mbak Maria (^0^)

~ GUEST POST by CUT LILIS RUZNATA ~

“AKU dan CERITA TENTANG BUKU”

Hai Mba Maria. Perkenalkan nama saya Cut Lilis Rusnata, panggil saja saya Cut, Lilis atau Cut Lilis. Saya asli Aceh dan sudah 4 tahun menetap di Medan karena pekerjaan.Karena alasan pekerjaan jugalah saya agak lambat dalam partisipasi event ini, selain itu saya baru saja menyelesaikan mid semesteran (alasan saya diterima kan mba? Hehehe)

Saya harus mulai darimana ya?
Jujur sebenarnya saya ingin menulis artikel yang keren agar saya keliatan oke, setidaknya nggak malu-maluin untuk event ini. Mau menulis tips review tapi saya masih  amatiran dan saya juga belum jago-jago amat ngereview, selain itu dimbah gugel pun banyak bertebaran tips-tips mereview. Awalnya saya sempat terfikirkan untuk mengajak mba Maria baca bareng tapi saya takut keteteran dan tidak bisa selesai tepat waktu. Jadi saya memutuskan untuk bercerita saja ya mba, mudah-mudahan tidak bosan dengan cerita saya yang mungkin saja pengalaman-pengalaman mainstream bagi sebagian orang ^^

Saya menyukai buku sejak kelas 4 SD. Saya ingat sekali di tempat tinggal saya di Aceh ada perpustakaan daerah yang koleksinya lumayan lengkap menurut saya. Dari perpustakaan inilah saya mengenal Lima Sekawan, goosebumps, sapta siapa, sekolah malory towers dan buku-buku cerita lainnya. Di perpus ini juga saya mulai membaca buku-buku cerita rakyat dari seluruh dunia yang ditulis dalam B.Inggris dan membuat saya harus bolak balik buka kamus. Saya juga berkenalan dengan seri tokoh-tokoh dunia dan menganggap Hellen Keller itu keren. Ketika anak-anak lain bermain dengan teman-temannya sepulang sekolah saya malah mengayuh sepeda saya ke perpus eh ini bukan berarti saya tidak punya teman, hihihi. Saya bermain bersama mereka ketika perpus sudah tutup (ketika itu jam 4 sore dan hari minggu saya bermain bersama mereka sepanjang hari). Kebetulan ayah saya seorang guru, beliau sering membawakan saya bermacam-macam buku. Buku biografi pertama yang saya baca adalah kisah Nabi Muhammad SAW yang terdiri dari 2 jilid dan halamannya sangat tebal. Saya membutuhkan waktu sebulan untuk menamatkannya.

Kelas 1 SMP saya mulai membaca buku-buku lain, saya mulai membaca teenlit dan komik yang saya pinjam dari teman saya dan tempat penyewaan buku (Gramedia tidak ada di tempat tinggal saya). Saya ingat saya nangis sesenggukan membaca Dealova (dan ikut membuat surat untuk Dira *blushing) padahal besoknya saya ujian. Yang ayah tau, saya sedang membaca buku pelajaran (karena kalau ketauan saya membaca novel, ayah sangat marah. Jadi, saya melapisi novel dengan buku cetak pelajaran)  Saya juga sangat suka dengan Fairish. Saya juga mulai membaca buku-buku Hamka koleksi ayah saya seperti Tenggelamnya kapal van der wijck dan Merantau ke Deli, saya juga mulai membaca karya-karya Mira W, membaca buku-buku karya pengarang lama dan dikelas 2 SMP saya mempunyai rental buku. Jadi, teman-teman saya yang ingin membaca buku dapat menyewa buku-buku saya (walau buku milik saya tidak terlalu banyak, itupun hasil kiriman kakak saya, heheh) tapi sayang saat Tsunami datang semua koleksi buku-buku saya hanyut tak tersisa.

Di SMA tempat saya bersekolah, perpusnya lumayan legkap karena mendapat bantuan buku dari NGO-NGO yang saat itu ikut dalam usaha recovery Aceh pasca Tsunami. Saya mulai berkenalan dengan C.S Lewis  (setelah tsunami saya sempat vakum membaca dan juga menghadapi UN SMP) Andrea Hirata, J.k Rowling, Habiburrahman el Shirazy, Aaidh al Qarni, Tere Liye, Indra Adil dan pengarang buku-buku lainnya. Saat itu perpus sekolah saya adalah surga bagi saya. Karena sekolah kami adalah sekolah Asrama dan terletak didekat hutan, tidak boleh membawa HP (tapi kami tetap membawanya dan menggunakannya secara hati-hati takut ketauan) dan belajar sampai Malam Hari. Jadi, buku yang dipinjam dari perpus dan majalah yang dibawa secara diam-diam adalah pelarian kami selain siaran radio. Saya ingat sekali saya menangis tengah malam gara-gara membaca Summer Breeze. Lulus SMA saya mendapatkan beasiswa kuliah dari kantor tempat saya bekerja sekarang. Dan saya mulai kembali dari awal lagi untuk mengoleksi buku-buku dan membacanya. Saya sangat senang karena di Medan toko bukunya lumayan lengkap walau diskonannya sangat jarang #akucintagratisandandiskonan

Masih belum bosan kan mba? Hehehe
Saya bergabung di BBI tahun lalu karena terdampar di sebuah blog buku member BBI. Saat itu saya berpikir membaca dan mereview kembali buku yang dibaca adalah hal yang keren dan seru. Maka saya memberanikan diri membuat blog buku yang ketika memilih alamat blog sudah taken semua dan tanpa sadar saya membuat alamat blog yang agak nanggung dan sayapun agak malas mengubahnya. Oya, dipostingan ke 2 review saya, Mba Maria sempat berkomentar untuk terus melanjutkan menulis review dan sejak saat itu saya semakin bersemangat untuk menulis walau malas sering menghampiri. Saya sangat senang bergabung dengan BBI. BBI yang membuat bacaan saya tidak terpaku pada satu genre, bertemu dengan sesama pecinta dan penimbun buku, mendiskusikan hal-hal seputar buku dan berkumpul bersama BBIers Medan. Saya berharap pertemanan yang bermula dari buku ini terus berlanjut ^^

~ BBI-ers Medan : READ ADDICTED BOOK CLUB ~
Saya Rasa cukup sekian curhat saya tentang buku. Semoga mba Maria tidak bosan membacanya. Jika curhat ini dipublish dan dipersingkat bahasannya tidak masalah bagi saya. Terima Kasih karena sudah membaca cerita gaje saya. Sampai ketemu dilain kesempatan.
“Good friends, good books and a sleepy conscience: this is the ideal life” – Mark Twain
Thank you Mbak Lilis atas sharing dan waktunya bersedia kuganggu menjelang tengah malam dengan aneka pertanyaan usil (^_^) ... now I have new friend from Medan and Aceh too (^0^), semoga pertemanan baru ini bisa langgeng hingga ada kesempatan kopdar langsung ya ... entah kapan nih BBI Indonesia bisa kopdar akbar barengan, masukin dalam Wishlist !!

And last but not least, Thank You to BBI-ers yang telah membuka tangan untuk menerima ‘nerdy’ semacam diriku dalam perkumpulan orang-orang keren nan beken yang azubillah bikin mataku melotot plus jejingkrakan kegirangan setiap aksi serta demo ‘gila’ (but benar-benar super asyik) yang muncul. 

From bookaholic to bookaholic, may this friendships will last forever (sampai jadi aki-aki dan nini-nini ya, siapa tahu membership kita bisa diwariskan ke anak cucu hehehe). Happy Birthday BBI, semoga tambah cakep, gemuk dengan pengetahuan dan tinggi timbunannya. Jangan kebanyakan minum fanta biru ya, nanti ‘sakit-perut’ *muachhhh*

Pssst ... mau tahu siapa saja para Host & Guest Host BBI kali ini ? Main saja di blog-blog berikut ini, sekalian kenalan dengan para BBI-ers lainnya (^_^)


Best Regards,

Hobby Buku

9 comments :

  1. hihihihihi..senyam senyum sendiri baca postingan ini :D setuju banget mba untuk agenda kopdaran akbar BBIers :)

    ReplyDelete
  2. Wah aku mengenail mba ocemei disitu.. hihi. Total BBI di Medan ada berapa mba Lis? Semangat ya review bukunyaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau ku ada 5 orang sih kak oky, satunya lagi kak evyta :D

      Delete
  3. setuju, event ini bikin kita saling kenal lebih dekat lagi dengan para member BBI dari ujung ke ujung Indonesia :) Oiya paling suka baca cerita Lilis yang ngelapisin novel pake buku pelajaran, hahaha been there done that :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha, aku juga pernah kayak gitu saking g sabar namatin =))

      Delete
    2. kayaknya ini hampir semua orang melakukan hal ini ya *nyengir*

      Delete
  4. baca cerita mbak, langsung terbang ke masa lalu ku mbak ...
    Tapi, emang bener sih event kayak gini bisa jadi lebih kenal dengan satu sama lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja guest posting bakal ada terus dan diikuti banyak member BBi yang lain ya ^^

      Delete
  5. Dulu mau cari buku2 bagus memang perjuangan ya, sedih baca buku2 yg hanyut krn tsunami, tapi untungnya sudah mendapatkan ganti yg lebih baik yaa.
    Salam kenal, Lilis

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...