Translate

Thursday, December 26, 2013

Books "THE CHRISTMAS SHOES" [ 1st CHRISTMAS GIVEAWAY ]

Books “SEPATU NATAL”
Judul Asli : THE CHRISTMAS SHOES
[ book 1 of CHRISTMAS Series ]
Copyright © 2001 by Donna VanLiere
Penerbit Gradien Books
Alih Bahasa : Joas Adiprasetya
Editor : Mariani Sutanto
Desain cover : Gideon
Cetakan I : November 2005 ; 200 hlm ; ISBN 978-979-3574-172
Rate : 5 of 5

“THE CHRISTMAS SHOES”
Song & Lyrics 
by Eddie Carswell & Leonard Ahlstrom

It was almost Christmas time
And there I stood in another line
Trying to buy that last gift or two
Not really i the Christmas mood
Standing right in front of me
Was a little boy waiting anxiously
Pacing round like little boys do
And in his hands, he held a pair of shoes
And his clothes were worn and old
He was dirty from head to toe
And when it came his time to pay
I couldn’t believe what I heard him say
CHORUS
Sir I want to buy these shoes
For my momma, please
It’s Christmas Eve and these shoes are just her size
Could you hrry, sir
Daddy says there’s not much time
You see she’s been sick for quite a while
And I know these shoes will make her smile
And I want her to look beautiful
If momma meets Jesus tonight

They counted pennies for what seemed like years
Then the cashier said, son, there’s not enough here
He searched his pockets frantically
And then he turned and he looked at me
He said, momma made Christmas good at our house
Though, most years, she just did without
Tell me, sir, what am I going to do
Somehow I’ve got to buy her these Christmas shoes

So I laid the money down
I just had to help him out
And I’ll never forget the look on his face
When he said momma’s gonna look so great
REPEAT CHORUS
I knew I caught a glimpse of heaven’s love
As he thanked me and ran out
I knew that God had sent that little boy
To remind me what Christmas is all about
REPEAT CHORUS

Ini adalah syair dan lirik dari lagu yang dilantunkan oleh grup New Song, dan dari lagu ini pula Donna VanLiere memperoleh ilham untuk menulis sebuah kisah berdasarkan lirik tersebut. Ternyata respons para pembaca sangat luar biasa, hingga Donna VanLiere melanjutkan kolaborasi dengan New Song untuk menuliskan rangkaian seri Christmas, dalam bentik lagu, puisi, dan buku. Kekuatan dan daya tarik kisah-kisah ini, menarik perhatian Hallmark Production, sehingga turut serta mengambil hak cipta untuk pembuatan film adaptasi berdasarkan rangkaian kisah ini.

Edisi terjemahan awal yang merupakan buku tipis setebal 200 halaman ini, nyaris tak terlihat di antara tumpukan buku-buku kala diriku sedang menelusuri lorong rak buku. Namun kisah yang dibuat oleh sang penulis, mampu menyentuh hati dan membuatku terheran-heran, mengapa kisah sebagus ini tak ‘terjangkau’ oleh kalangan pembaca, justru terselip diantara tumpukan buku-buku yang terabaikan. Sayangnya edisi awal ini tak tersedia lagi, hingga satu-satu buku yang masih dalam kondisi bagus kubeli dan menjadi salah satu koleksiku yang berharga.

Beberapa tahun kemudian, tak disangka diriku melihat edisi cetak ulang dengan format yang lebih besar (bukan format pocket books), dan menjadi tekadku untuk berbagi dengan sesama pecinta kisah-kisah menakjubkan, yang baru tersampaikan melalui event 2013 Christmas Reads ini. The Christmas Shoes karangan Donna VanLiere akan menjadi milik salah satu peserta event ini yang beruntung terpilih. Sayangnya DVD New Song untuk edisi ini tidak lagi kuperoleh meski sudah berputar-putar mencarinya. Well, next time ok, if God’s gave me permission, He will show-it the way (^_^) ...

Briefly, kisah ini tentang dua keluarga yang tak saling mengenal satu sama lain. Dengan seting waktu tahun 1985, Nathan Andrews yang baru berusia 8 tahun, memiliki sifat yang selalu tenang dan tampak serius. Tiada yang memperhatikan perubahan khusus pada diri Nathan kecuali gurunya Doris Patterson, dan ia mengetahui penyebabnya. Sudah dua tahun terakhir ini, Maggie Andrews – ibu Nathan yang selalu aktif dan ceria mendampingi putranya, harus menjalani terapi rawat jalan akibat kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Kondisi Maggie semakin memburuk sehingga ia memilih tinggal di rumah daripada menginap di rumah sakit. Sebisa mungkin, ia meluangkan sisa waktunya dengan keluarga yang ia cintainya, dan mempersiapkan satu sama lain kepergiannya sewaktu-waktu. Nathan sudah cukup besar untuk mengetahui ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi ibunya. Tanpa mengetahui secara jelas, ia berubah menjadi sangat hati-hati dan penuh perhatian dalam menjaga serta merawat ibunya.

Di sisi lain, Robert Layton adalah pengusaha yang sangat sukses. Karir yang dirintis mulai nol sebagai ahli hukum, jam-jam kerja yang padat dan menguras waktunya, akhirnya membuahkan hasil, namun Robert tak pernah berhenti, terus mengejar peringat, status dan kekayaan. Hingga suatu hari, istri tercinta memberikan ultimatum, untuk bercerai karena Robert bagaikan ‘berselingkuh’ dengan pekerjaannya alih-alih meluangkan waktu bersama keluarganya.

~ Donna VanLiere ~
Kedua manusia yang berbeda latar belakang dan status sosial, tanpa disengaja bersinggungan pada malam menjelang Natal. Makna Natal yang tersirat sebagai waktu untuk berbelanja sebanyak-banyaknya, berpesta pora dan melihat siapa yang berhasil meraih peringkat tertinggi selama setahun terakhir, semuanya berubah dalam sekejab. Robert yang memiliki segalanya, justru kehilangan hal-hal yang paling berharga menjelang Natal, kala ia bertemu dengan bocah yang berusaha membeli sepatu merah untuk ibunya yang sedang menjelang Natal di malam Natal.

I don’t know how many times I read this story, and still crying while reading it (again). Bukan berarti diriku mengajak pembaca sekalian turut ‘menangis’ beramai-ramai’ melainkan sukacita dan pemahaman akan makna hidup yang sangat sederhana, tertuang dalam sebuah kisah pendek yang menyentuh ini. I hope you’ll enjoy it too as well, and may the luckiest winner win this (^_^)

[ more about this author and her related works, just check at here : Donna VanLiere | on Goodreads | on Wikipedia | on FantasticFiction ]

~ This Post are include in 2013 Christmas Reads ~

Best Regards,

Hobby Buku

3 comments :

  1. Pengen daftar tapi ternyata udah nggak bisa yah.
    Padahal pengen ikut baca edisi chirstmas.

    Hm..novel The Christmas Shoes menarik deh kayaknya.. Nanti coba cari di toko buku ah (^_^)v Soalnya saya suka baca drama keluarga.

    Saya ikut baca Hercule Poirot's Christmas ah..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ikutan baca, meski sayangnya tidak bisa ikut undian berhadiah. Tapi nanti ada lagi kok giveaway lainnya tahun depan :D

      Delete
  2. sama nehh.. nyari2 dvd "christmas shoes" tapi ngga nemuu.. padahal pengen nonton filmnya :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...