Translate

Wednesday, July 8, 2015

Books "THE CHRONICLES OF AUDY : 4R"

Judul : THE CHRONICLES OF AUDY : 4 R
[ book 1 of THE CHRONICLES OF AUDY Series ]
Copyright © 2013 by Orizuka
Penerbit Haru
Editor : Tia Widiana
Proofreader : Yuli Yono
Desain & ilustrasi sampul : Bambang ‘Bambi’ Gunawan
Cetakan IV : Juli 2014 ; 320 hlm ; ISBN 978-602-7742-21-5
Rate : 3.5 of 5

Ok, asli baca buku ini gara-gara kepo berat dari ‘gunjingan’ teman-teman blogger yang sudah membaca seri ini. Sudah tahu kan, diriku paling males baca novel remaja tipikal romance yang chessy gitu, nah waktu tahu ada teman yang ‘katanya’ sampai nangis sesenggukan baca kisah Audy, tambah deh ke-kepo-anku (apalagi setahuku teman yang ku-mention ini bukan jenis yang gampang bocor sumber airnya). Dannnn ... ketika buku ke-3 yang judulnya 4/4 ini terbit – sepertinya demam Audy melanda sebagian besar pembaca. Langganan online terus nanyain : sudah ada belum bukunya (yang seperti biasa selalu muncul ‘kalo bulan sudah penuh’ alias nunggu berminggu-minggu setelah terbit di Jakarta baru beredar di kota-kota lain #butthat’sanothertopic). Intinya, pada akhirnya, finally (hallah) diriku memutuskan it’s time to explore the world of Audy ... dan inilah kisahnya !


Audy Nagisa tidak pernah membayangkan seberapa jauh keberuntungan yang terjadi dalam hidupnya. Dilahirkan dalam keluarga yang lumayan ideal, ayah, ibu dan seorang adik yang imut (meski kadang suka bikin jengkel) yang menyayangi dirinya, kondisi keuangan yang lebih dari cukup bahkan dengan otak yang pas-pasan bisa menembus jalur masuk sebagai salah satu mahasiswi UGM. Tapi suatu hari tampaknya dewa keberuntungan lagi bosan dengan dirinya, hingga menjatuhkan ‘kutukan’ bertubi-tubi. Mulai dari kekayaan keluarga yang ludes tanpa jejak akibat ditipu investasi bodong (itu lho yang model masukin duit lalu bisa berlipat ganda dengan sendirinya tanpa kerja cuman modal leyeh-leyeh), membuat ayah dan ibunya shock berat nyaris tidak bisa berpikir untuk mencari pekerjaan (halal) lainnya.

Dan dampaknya, dirinya yang sudah lumayan senior di kampus (alias ngak lulus-lulus) harus memeras otak supaya bisa menuntaskan semua mata kuliah yang masih tersisa dan tentu saja menulis skripsi agar bisa segera lulus – karena dari mana lagi ia bisa mendapatkan uang untuk membayar kuliah ? Belum lagi hutang biaya kos yang sudah nunggak beberapa bulan (sampai baru buka pagar langsung dihadang sama ibu kos yang mukanya kecut berkerut-kerut #seremmmm). Ibarat pepatah ‘bagai kejatuhan durian runtuh’ yang secara harafiah bener-bener dialami si Audy (sakit lho klo ketiban durian, bayangin aja, kena kulitnya yang berduri plus berat menimpa kepala) entah dewa keberuntungan lagi jutek sama si Audy kali hingga bikin penderitaan dan kesengsaraannya bertambah. Ortu yang desperate pengen nebus kesalahan, bikin investasi baru yang ternyata sama ‘bodongnya’ (ckckckck).

Karena Audy sama desperate-nya, ketika mendadak lihat lowongan pekerjaan untuk jadi baby-sitter, langsung saja peluang ini ia sambar. Lagian klo cuman jagain bayi kan tidak sulit-sulit amat, pengalamannya dengan Aries – adiknya kan bisa dijadikan referensi ... or that’s what she think. Keanehan sudah terjadi semenjak Audy telepon buat janji wawancara. Keanehan lainnya ketika ia bertemu ‘si ayah’ calon bayi yang bakal dijaganya, ternyata masih mudah bin cakep ngak ketulungan. Entah saking terpana atau lagi kesambet (dan kesengsem) plus melihat tulisan kontrak yang harus ditanda-tangani menjanjikan gaji senilai Rp. 900.000,- sebulan, Audy langsung mengiyakan dan tanda tangan menyetujui perjanjian kerja yang segera ia lakukan keesokkan harinya. Sepertinya meski dewa keberuntungan sudah ngacir jauh-jauh, Tuhan masih berbaik hati berkenan mendengarkan doa Audy ... atau benarkah demikian ?

Itu baru sekitar seperempat bagian yang kubaca, dan alhasil tragedi kisah Audy bikin diriku ngakak abis. Suerrr bukan berarti diriku termasuk orang yang suka tertawa di atas penderitaan oarnga lain, but Orizuka bener-bener bisa bikin kisah yang membuat emosi campur-aduk (dan banyak adegan yang bikin ngikik sendirian ngebayangin tingkah laku Audy). Pernah tahu film ‘Three Men & A Baby’ ? Tentang kisah 3 bujangan keren yang mendadak ketiban sampur harus merawat-menjaga seorang bayi ? Nah kisah ini bisa dikatakan ‘sedikit’ mirip – terutama setelah Audy harus bekerja bukan hanya sebagai babysitter tetapi juga semua urusan rumah tangga mulai bersih-bersih, memasak, mencuci, dll untuk hunian yang terdiri dari 4 cowok yang dijuluki 4 R : Regan – si sulung yang cakep, namun lumayan manipulatif, Romeo – cowok paling ramah, pemalas dan jarang mandi (ini pendapat Audy lho), Rex – kutubuku, super jenius yang jago masak, dan sangat dewasa meski masih SMA (dibandingkan Romeo yang sehari-hari berkutat dengan games), dan jangan lupa Rafael – si bungsu yang termasuk bocah langka karena jelas-jelas jenius di usia 4 tahun. Saking asyiknya melahap kisah ini, tak terasa ceritanya sudah berakhir ... langsung lanjut buku ke-2 yuk (^_^)

[ source ]
Tentang Penulis :
Orizuka adalah nama pena dari Okke Rizka Septania. Sejak 2005, Orizuka telah menulis novel-novel untuk remaja, di antaranya adalah Summer Breeze, Infinitely Yours, After School Club, Oppa & I, dan masih banyak lagi. Selain membaca, alumnus Ilmu Komunikasi Unversitas Gadjah Mada Yogyakarta ini gemar belajar bahasa asing, di antaranya Jepang dan Korea. The Chronicles of Audy : 4R adalah karya keduapuluhnya. Ia juga bisa dihubungi via e-mail : chazrel21@yahoo.com atau kunjungi di situs-situs berikut ini ...

[ more about the author & related works, just check at here : Orizuka's Site | Orizuka's Blog | at Goodreads | at Twitter | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...