Translate

Thursday, July 23, 2015

Books "WANDERLUST"

Books “BARA KELANA”
Judul Asli : WANDERLUST
Copyright © 1986, 2005 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Thress Susilastuti
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Maret 2005 ; 560 hlm ; ISBN 978-979-22-1241-9
Harga Normal : Rp. 45.000,-
Rate : 3.5 of 5

Audrey Driscoll kehilangan kedua orang tuanya pada usia 11 tahun akibat kecelakaan fatal. Ia harus pindah dari kediaman keluarganya di Hawai dan menetap di San Fransisco, Amerika Serikat  bersama kakeknya, Edward Driscoll, dan berperan sebagai pengganti orang tua terhadap adiknya, Annabelle yang masih berusia 7 tahun pada saat tragedi itu terjadi. Selama 14 tahun, Audrey membaktikan diri dan waktunya untuk mengurus rumah tangga kediaman kakeknya yang sangat besar, sekaligus memastikan baik Annabelle maupun Edward tidak pernha mengalami kesulitan dalam keseharian mereka. Dan kini menjelang persiapan pernikahan Annabelle dengan Harcourt Westerbrook IV – pria yang awalnya mengejar Audrey tetapi dengan cerdik dialihkan perhatiannya kepada Annie oleh Audrey.



Sebuah insiden pertengkaran kecil, membuat Audrey mempertanyakan apa sebenarnya yang ia cari dalam kehidupannya. Jauh di dalam lubuk hatinya, Audrey tahu bahwa dirinya lebih menyerupai sang ayah yang lebih menyukai kegiatan luar, bepergian ke tempat-tempat baru alih-alih mendekam di satu tempat seperti yang ia jalani selama 14 tahun. Menyedari bahwa di usianya ke-25 tahun, ia sama sekali tidak merasakan kebahagiaan, Audrey mengambil keputusan nekad untuk melakukan serangkaian perjalanan jauh sebelum ia kehilangan waktu dan kembali mengabdikan diri pada sang kakek dan adiknya. Keputusan Audrey untuk melancong keliling Eropa, merupakan awal dari serentetan peristiwa yang akan merubah seluruh masa depannya, sekaligus nasib keluarganya.

Pertemuannya dengan Charles Parker-Scott – seorang penulis ‘travelling’ yang terkenal, membuat keduanya saling tertarik bagai magnet, apalagi keduanya memiliki hasrat dan keinginan serupa : ‘wanderlust’ yang segera dilakukan bersama-sama. Ketika waktu yang dihabiskan bersama mulai mendekati batas, dimana Audrey seharusnya kembali kepada kakeknya, sesuai janji awal ketika ia minta ijin kepada sang kakek, terjadi perpisahan yang tak terelakkan yang justru membuat Audrey memilih menjalani kehidupan di tempat yang sangat jauh : kawasan Cina yang terpencil dan dalam situasi peperangan. Audrey menetap karena ia tak tega meninggalkan anak-anak yatim-piatu yang terlantar karena para biarawati yang mengurus mereka tewas sebagai korban perang secara brutal.

Dengan mengambil latar belakang saat Eropa dalam masa kacau-balau akibat peperangan, di mana Hitler dengan pasukan Nazi-nya melakukan serangkaian pemusnahan kaum Yahudi, kisah ini sebenarnya bisa dikembangkan lebih dalam karena banyak aspek yang sangat menarik. Perjalanan sosok Audrey yang sedang menelusuri rute keliling Eropa, hingga terdampar di kawasan Cina tutut menyumbang daya tarik tersendiri yang membuatku bertahan untuk menuntaskan kisah ini. Satu-satu penghalang yang membuatku lumayan ‘gregetan’ adalah hubungan ‘tarik-ulur’ antara Audrey dan Charles, yang berulang kali ‘nyaris’ bersatu namun justru mengalami perpisahan yang menyakitkan. Kondisi keluarga Audrey sendiri yang dijadikan alasan utama mengapa ia selalu menolak mengikuti Charles untuk masa depan mereka berdua, juga membuatku ingin ‘mengguncang’ Audrey agar berani ‘melepas’ keterikatan antara dirinya dan keluarganya.

Sebenarnya penulis memberikan alasan yang cukup kuat untuk membuat sosok Audrey terbelah antara ingin mengabdikan diri pada kakek dan adiknya, dengan mengikuti pria yang dicintainya. Sayangnya alur yang disajikan cukup bertele-tele dan lumayan bikin gregetan sekaligus sedikit sebal dengan situasi yang terjadi. Untungnya penulis mengambil seting waktu, lokasi dan situasi yang cukup kompleks hingga mampu menutupi kekurangan yang terjadi sepanjang kisah ini. Alhasil akhirnya diriku memberikan 3.5 bintang untuk ide, seting waktu serta plot yang lumayan kompleks sebagai kompensasi atas ketidak-senangan pengembangan yang terjadi pada karakter-karakter utama kisah ini ...

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku 

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...