Translate

Thursday, July 23, 2015

Books "A SPANISH LOVER"

Books “SANG KEKASIH SPANYOL”
Judul Asli : A SPANISH LOVER
Copyright © 1993 by Joanna Trollope
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Istiani Prajoko
Desain & ilustrasi sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Juli 2006 ; 472 hlm ; ISBN 978-979-22-2215-9
Harga Normal : Rp. 63.000,-
Rate : 3 of 5

Lizzie dan Frances, dua saudara kembar yang memiliki sifat dan pemikiran yang bertolak belakang. Beranjak dewasa, keduanya memilih jalan hidup yang juga berbeda. Lizzi bertemu dengan Robert, dan keduanya segera menikah, memiliki anak dan bekerja sama mengurus toko seni yang dirintis dari nol. Toko yang bernama ‘Shore to Shore’ berjalan dengan sukses hingga kehidupan pasangan Robert dan Lizzie segera meningkat ke taraf yang lebih baik. Sedangkan Frances justru memilih kehidupan bebas tanpa terikat oleh pernikahan, menjalani pekerjaannya dengan serius, yang membuatnya harus sering melanglang buana ke lokasi serta negara yang berbeda. Walau sama-sama disibukkan dengan keseharian yang berbeda, baik Lizzie maupun Frances mampu menemukan waktu untuk saling berbagi.


Kemudian di saat kehidupan masing-masing mulai memasuki tahap kemapanan, toko yang dikelola Robert dan Lizzie terancam bangkrut. Krisis ini semakin memperburuk hubungan antara Robert dan Lizzie serta anak-anak mereka, yang telah mengalami banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, Frances yang menginjak usia diatas 30 tahun, mendapati dirinya terlibat hubungan dengan pria yang telah menikah, seorang pengusaha di Spanyol. Hubungan antara Lizzie dan Frances juga mulai renggang semenjak Frances lebih sering menghabiskan waktu dan pikirannya bersama sang kekasih di Spanyol. Dan situasi semakin tak terkendali saat Frances mendapati dirinya hamil di usia yang tidak lagi muda, dan sang kekasih menolak untuk menikahinya secara sah atau mengakui bayi yang dikandung Frances sebagai putra kandung yang sah.  

Awalnya kukira ini semacam kisah romansa yang ‘panas’ terlebih karena judul buku yang berhubungan dengan ‘mistress’ – dan ternyata lumayan meleset jauh hahaha. Sebuah kisah drama keluarga lebih tepat dalam menggambarkan keseluruhan kisah ini. Melalui dua sosok saudara kembar, yang awalnya sangat dekat satu sama lain, kemudian terpisah secara perlahan-lahan seiring waktu, pembaca akan digiring memasuki pemikiran Lizzie dan Frances. Mengapa keduanya memilih jalur kehidupan yang berbeda, sedikit demi sedikit terungkat melalui sejarah masa lalu keluarga mereka serta masa kanak-kanak yang membawa dampak besar bagi keduanya. Sedikit mirip dengan karya Nick Hornby yang pernah kubaca (How To Be Good), tentang kehidupan rumah tangga yang terlihat ‘normal’ dari luar namun ternyata menyimpan aneka konflik dan masalah yang berlarut-larut.

Lizzie yang digambarkan menjalani kehidupan nan sempurna ternyata memendam rasa iri terhadap kebebasan dan status Frances. Sedangkan Frances tidak pernah berminat untuk membentuk rumah tangga sendiri sebagai dampak perniakahn aneh yang terjadi pada kedua orang tua mereka. Willliam dan Barbara, kedua orang tua si kembar, menjalani kehidupan terpisah akibat prinsip dan ketiadaan rasa cinta dinatar keduanya. Termasuk adanya pihak ketiga, Julie – wanita yang menjadi kekasih dan tumpuan hati William selama bertahun-tahun, dan bagaimana Barbara menerima kehadiran Julie tanpa mau melepas status pernikahannya secara resmi. Lumayan aneh sebenarnya, namun hal ini menyoroti keaneka ragaman yang memang terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Tanpa adanya kesan khusus yang bisa membuatku untuk ‘lebih tertarik’ baik dalam cerita maupun karakter-karakter yang muncul, sebagai bacaan ringan kisah ini cukup memadai untuk dibaca bagi penikmat romansa drama.

[ more about this author & related works, just check at here : Joanna Trollope | on Goodreads | on Wikipedia ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...