Translate

Friday, December 28, 2012

BOOK CALEIDOSCOPE 2012 : My Top Five Best Book Cover

Book Caleidoscope 2012
Ending this year of 2012 never completed without going through all the fun and good memories my experience with all the books I’ve been reading. So  it’s a perfect time for me to join  event Book Caleidoscope 2012 host by Fanda. It’s just for fun so let’s looking back on several choices I made. This event divide into 3 categories, and this is the second categories :


[ II ] TOP FIVE BEST BOOK COVER

5. Botchan by Natsume Soseki
[ Design & Illustration by Martin Dima ]
Meski untuk bacaannya, diriku kurang menyukai karya Natsume Soseki yang satu ini, mau tidak mau semenjak awal diriku sudah jatuh-hati pada desain covernya. Dengan mini-ilustrasi dan desain model ‘jendela’ (kotak-kotak tersebut bila dibuka akan masuk pada ilustrasi lain) yang timbul, Martin Dima mampu menangkap suasana kota kecil serta penghidupan rakyatnya yang digambarkan melalui kisah Botchan. Satu-satunya buku yang masih kusimpan meski tidak suka dengan ceritanya, hanya gara-gara desain serta ilustrasi sampul yang menarik (^_^)

4. Kingdom of the Golden Dragon by Isabel Allende
[ Design & Illustration by Edward Iwan Mangopang ]
Ini adalah buku kedua dari serial City of The Beast, namun untuk desain sampul buku kedua sangat berbeda, meski ketiga buku juga dikerjakan oleh Edward Iwan Mangopang. Dengan ilustrasi naga serta anehnya latar belakang yang serta pink dan kertas ‘glossy’ ternyata membuat buku ini sangat menarik dan sesuai dengan gambaran akan istana yang hilang. Love it !!! 

3. Just So Stories by Rudyard Kipling
[ Design & Illustrations by Staven Andersen ]
Staven Andersen mendesain ulang keseluruhan ilustrasi kisah klasik ini, mulai sampul depan hingga ilustrasi isi. Biasanya untuk buku-buku klasik, selalu mengikuti desain awal, namun untuk Just So Stories, ini merupakan proyek khusus yang ternyata hasilnya tidak kalah menarik dan bagus, tidak kalah dengan ilustrasi asli buatan Kipling. Staven mempelajari dan memperdalam karya-karya Kipling sebelum ia membuat berbagai ilustrasinya sehingga hasilnya tidak melenceng dari makna kisah masing-masing. 

2. Inkheart by Cornelia Funke
[ Design & Illustration by Marcel A.W ]
Ahh, bukunya merupakan kesayanganku, karena topik serta karakternya berkaitan dengan buku. Namun khusus desain sampulnya benar-benar luar biasa, jika dicermati satu demi satu, itu merupakan rangkaian kisah dongeng, ibarat lewat sampul kita sudah disajikan sebuah kisah yang menarik untuk disimak. Saat menjelang buku kedua ‘Inkspell’ akan rilis, diriku sempat dag-dig-dug, berharap sampulnya tidak kalah bagus dengan buku pertama, ternyata buku kedua dan ketiga benar-benar mengikuti jejak buku pertama, dengan warna-warna memukau mulai merah, hijau hingga biru ... WOW !!! Benar-benar menjadi bahan koleksi yang sangat bagus, dari isi cerita hingga tampilan luarnya (jadi berharap ada boxset yang bagus pula hahaha)

1. Trash by Andy Mulligan
[ Design & Illustration by eMTe ]
Ok, ini adalah satu satu buku yang sangat-sangat kurekomendasikan, karena kisahnya sangat-sangat-sangat bagus. Mau petualangan, ada. Mau drama, ada. Mau adegan menyentuh, ada. Dan luar biasanya, kisah dengan tokoh anak-anak ini membawa pesan moral sekaligus sindiran politik yang sangat telak. Dan satu hal yang membuatku tertarik saat pertama meliaht buku ini, ya desain sampulnya tentang bola dunia yang terdiri dari timbunan aneka sampah. Uniknya eMTe justru menggunakan warna hijau cerah demi menggambarkan timbunan sampah ini, benar-benar menangkap makna serta pesan kisah ini secara cermat. 

Best Regards,
* Hobby Buku *

8 comments :

  1. Intriguing, cover yang kamu jagoin no. 1 itu, Mar. Dan covernya Inkheart memang nampak anggun sekaligus misterius ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, ini contoh-contoh buku yang aq langsung suka covernya sebelum baca sinopsisnya, dan ternyata ceritanya juga bagus banget, so it's a perfect combination :D

      Delete
  2. Toss...ada Just So Stories. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, illustrasinya Staven bagus-bagus, unik banget, jadi keliatan klo itu hasil karyanya.

      Delete
  3. Belum baca trash >_< *nambahin wishlist

    ReplyDelete
    Replies
    1. wishlist tahun ini atau ditambah buat tahun depan :D

      Delete
  4. trilogi tintenherz itu emang keren2 covernya. Merasa bersyukur koleksi bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener mbak, kemarin sampai aq tahu beberapa kali, covernya pakai versi yang mana, bersyukur dipertahankan yang model ini, buat koleksi kan bagus dipajang begitu *eh :D

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...