Translate

Monday, June 8, 2015

Books "ALL THESE LOVES"

Books “PETAK UMPET DENGAN CINTA”
Judul : ALL THESE LOVES
Copyright © 2014 by Arleen Amidjaja
Penerbit Bhuana Sastra (imprint of PT. BIP)
Editor : Dian Rakhmawati Sumarsana
Desain sampul : Helen Lie
Cetakan I : Januari 2014 ; 208 hlm ; ISBN 978-602-249-548-2
Rate : 3 of 5

People makes many decision in their lives. Some of them lead into good choices, but some of them had to face difficulties, obsticle and strengthness to carry-on. Demikian pula perjalanan kisah tokoh utama kisah ini, sosok gadis bernama Adeline yang memilih melanjutkan pendidikan keluar negeri, sebagian besar karena alasan yang kurang tepat, ia menghindari sahabatnya Hasan, yang diam-diam ia cintai dan cowok tersebut sedang asyik dengan kekasih barunya yang kebetulan juga ia kenal dengan baik. Kehidupan baru, penyesuaian dan adaptasi semuanya menguras energi serta waktu Adeline untuk terus menerus memikirkan Hasan. Apalagi semenjak ia mulai menjalin pertemanan dengan orang-orang baru, lingkungan baru, semuanya berjalan ke arah yang sama sekali tak pernah ia bayangkan sebelumnya.


Dari Wang – cowok usil dan sama sekali bukan tipe kesukaannya, yang getol sekali mengejar-ngejar dirinya, ketertarikannya pada Bryan yang serba cuek dan angin-anginan, hingga acara kencan ala mak-comblang dari orang tuanya dengan cowok bernama Andre semuanya terjalin menjadi kisah yang lumayan bikin pusing kepala Adeline (termasuk diriku juga, ya ampun apa tidak ribet menjalin hubungan dengan sekian banyak pria). Konflik semakin bertambah dengan adanya ‘skandal’ kala ia jatuh hati dengan dosennya, duda tampan yang memiliki anak satu, dan untungnya (atau celakanya) perasaaannya tidak bertepuk sebelah tangan karena sang profesor ganteng juga tertarik (waduhhhh). Seakan-akan hal ini belum ‘cukup pedas’ – penulis menambahkan kehadiran Hasan – yang ternyata menyusul Adeline ke luar negeri (dobel waduhhhhduhhhh – it’s so complicated)
“God sent a few wrong people first so that you know when the right person comes along.”
Sebagai bacaan yang mengangkat tema romansa, awalnya diriku sedikit skeptis, apakah mampu menyukai kisah ini mengingat diriku sudah lama meninggalkan bacaan ala teenlit (ya sudah dewasa soalnya wkwkwk). Dugaanku ternyata ‘sedikit’ meleset, karena dengan tema yang biasanya kuhindari (did not like chessy romance like use too – back when I’m just teenager) penulis mampu menyajikan dengan narasi serta dialog yang tidak berkesan ‘chessy’ (^_^) Walau terus terang karakter Adeline yang suka ababil dan tidak mampu tegas terhadap diri sendiri, selalu berusaha ‘menyenangkan’ pihak lain, membuatku gregetan pada beberapa kesempatan, namun rasa setia serta pemahaman diri akan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya cukup membuatku salut akan ke-dewasaan pemikiran pada sosok gadis yang relatif muda di negeri antah berantah.

Menelisik latar belakang dunia kampus di luar negeri, mudah diketahui sebagian besar kisah ini (terutama seting lokasi) berdasarkan pengalaman pribadi sang penulis. Apakah kehidupan romansa sosok Adeline juga berdasarkan pengalaman pribadi beliau, itu sesuatu yang harus ditanyakan langsung kepada yang bersangkutan (saya mah tidak berani hahahaha). Again back to Adeline’s character yang pada akhirnya, atau sedikit demi sedikit mulai berkembang kepribadian serta pola pikir yang bisa dikatakan ‘more mature’ (lebih dewasa), terutama setelah mengalami situasi ‘very-complicated-relationships’ – salah satunya ketika ia terlibat dengan dosennya, duda dengan satu anak. Salah satu ciri khas novel mbak Arleen, meski memasuki situasi ‘adult-relationship’ tetap mempertahankan gambaran kisah yang ‘clean’ alias no-hangky-pangky #apapulakini – maksudnya tidak ada adegan yang menjurus ke hot-scene or sexual encounter gitu. Just keep it sweet but not chessy (^_^). Sebuah rekomendasi khusus bagi kalian penggemar kisah romansa dengan konflik serta intrik, tapi tetap merupakan sajian ringan dan menghibur.

[ more about the author & related works, just check at here : Arleen Amidjaja ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...