Translate

Tuesday, October 20, 2015

Books "THE DEAD RETURNS"

Books “THE DEAD RETURNS”
Judul Asli : HOUKAGO NI SHISHA HA MODORU
Copyright © 2014 by Akiyoshi Rikako
Penerbit Haru
Alih Bahasa : Andry Setiawan
Editor : Arumdyah Tyasayu
Proofreader : Dini Novita Sari
Desain Sampul : Kana Otsuki
Ilustator : @teguhra
Cetakan I : Agustus 2015 ; 252 hlm ; ISBN 978-602-7742-57-4
Harga Normal : Rp. 55.000,-
Rate : 3.5 of 5
Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing. Untungnya aku selamat. Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin, aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja. Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku. Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku. Tersangkanya, teman sekelas. Total, 35 orang. Salah satunya adalah pembunuhku.


Sinopsis di halaman belakang buku ini benar-benar membuatku penasaran. Apakah ini merupakan kisah horor yang melibatkan arwah penasaran atau lebih condong ke sajian misteri suspense yang mencekam ? Kali pertama membaca karya penulis yang terlebih dahulu dikenal oleh pembaca Indonesia melalui karyanya yang berjudul Girls In The Dark (yang sayangnya belum pernah kubaca), ternyata cukup membuatku terhanyut dalam selubung misteri yang dikemas ala drama modern dengan dialog-dialog ciri khas drama Jepang, setidaknya sepanjang yang pernah kuketahui.

Melalui sosok Koyama Nobuo – remaja SMA yang digambarkan memiliki sifat tertutup, canggung, dan merasa tidak pernah cocok atau diterima dalam lingkup pergaulan sekolah maupun luar sekolah, pembaca digiring memasuki alam pikirannya tatkala ia ‘terbangun’ di rumah sakit dalam tubuh pemuda lain bernama Takahashi Shinji. Bertolak belakang dengan penampilan fisik dan sifat Nobuo yang termasuk ‘biasa-biasa’ – Shinji pemuda yang tampan karena terlahir sebagai blasteran, dikenal sebagai cowok supel, populer dan bahkan memiliki grup band dengan penggemar yang cukup banyak. Anehnya, Nobuo dalam wujud Shinji, mampu mengingat peristiwa yang menjadi awal perubahan dalam hidupnya.

Bahwa ia – didorong hingga terjatuh dari tebing yang curam. Dan sang pelaku adalah salah satu teman sekolahnya. Maka dimulailah misi khusus untuk mengungkap siapa gerangan pelaku yang menyebabkan Nobuo tewas – atau setidaknya tubuh fisik Nobuo serta jiwa Shinji, demikian pemahaman tokoh utama dalam kisah ini. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan gambaran jelas atas peristiwa yang terjadi beberapa bulan silam. Dan ketika Shinji / Nobuo berhasil mempengaruhi kedua orang tua Shinji untuk memindahkan sekolahnya ke sekolah Nobuo, daftar tersangka yang ia selidiki satu demi satu justru memberikan alasan kuat bahwa mereka tidak mungkin menjadi pelaku yang menyebabkan kematian salah satu anggota sekolah tersebut.

Kisah ini bukan sekedar sajian misteri dan suspense yang berbalut unsur supranatural, karena justru dalam memasuki kehidupan baru dalam wujud Takahashi Shinji – gambaran sosok ideal nan sempurna di benak Nobuo, ia mendapati hal-hal baru yang ‘membuka’ mata-hatinya. Nobuo senantiasa menganggap dunia tidak adil karena ia terlahir sebagai pemuda yang biasa, tidak menarik perhatian siapa pun, dengan ibu yang terlalu sibuk karena harus berperan sebagai orang tua tunggal, melalui ‘mata’ Shinji ia mendapat kesempatan mengetahui bahwa segala yang dipandang negatif selama ini ternyata merupakan refleksi isi hatinya yang salah persepsi.

Di sisi lain, Shinji / Nobuo mendapati kehidupan barunya memberikan wawasan serta pemahaman baru bahwa segala sesutu tidak senantiasa seperti yang ada di dalam benaknya selama ini. Siapkah ia saat kebenaran akhirnya muncul di hadapannya ? SIAPA PELAKU YANG MEMBUNUN KOYAMA NOBUO ? Jawaban dari pertanyaan ini justru merupakan awal dari kisah baru yang menarik sebagai ‘ending’ kisah ini. Karena Koyama Nobuo ‘terlahir’ kembali justru setelah menjalani kehidupan dari sudut pandang yang berbeda. Bahwa pelaku dibalik peristiwa ini, justru memberikan perubahan positif dengan cara yang tidak biasa. Secara keseluruhan, ide dan tema kisah ini bisa kukatakan sangat menarik sekaligus unik (^_^).

[ more about the author & related works, just check at here : on Goodreads ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...