Translate

Wednesday, May 7, 2014

Books "RULES OF ATTRACTION"

Books “RULES OF ATTRACTION”
Judul Asli : RULES OF ATTRACTION
[ book 2 of FUENTES FAMILY Series ]
Copyright © 2010 by Simone Elkeles
Penerbit Laluna & Friends
Alih Bahasa : Angelic Zaizai
Editor : Melati Jamila
Cetakan I : November 2013 ; 398 hlm ; ISBN 978-602-97197-7-2
Rate :  4 of 5

Ini adalah kelanjutan dari kisah perjalanan Fuentes Bersaudara. Jika dalam Perfect Chemistry, kita diperkenalkan pada sosok Alex Fuentes dan Brittany Ellis, kini kita akan lanjut berkenalan dengan putra kedua, Carlos Fuentes – yang kala itu masih berusia 15 tahun. Berbeda dengan Alex yang tenang dan terbiasa dengan tanggung jawab, bahkan saat ia memutuskan ‘keluar’ dari Latino Blood, - sebuah keputusan yang nyaris merenggut nyawanya akibat ritual yang harus dijalani ... maka Carlos semenjak awal memiliki sifat dan semangat yang berapi-api. Akibatnya, ia dianggap sebagai anak yang sulit diatur, selalu memberontak dan tidak bersedia tunduk pada peraturan, apapun alasannya.



Keluarnya Alex dari Latino Blood, dan mengungsikan keluarganya ke Meksiko untuk menghindari balsa dendam dari anggota gangster, membuat Carlos justru bergabung dan terjerumus dalam aksi-aksi Latino Blood, hingga membuat sang ibu sangat khawatir. Ketika sebuah aksi yang melibatkan Carlos membuatnya menjadi target buruan, keluarga sepakat mengirim Carlos ke Colorado – tempat dimana Alex dan Brittany pindah dan menetap, demi masa depan yang baru, menutup lembaran lama masa lalu yang kelam. Carlos tidak bisa menghindar dari perlakuan keluarganya, maka ia memutuskan melalukan satu-satunya hal yang ia ketahui : berbohong dan memberontak pada apa pun yang diberikan atau dianjurkan oleh Alex.

Ketika ia diwajibkan melanjutkan pendidikannya di Flatiron High School, Carlos harus berhadapan dengan sosok Kiara Wesford – gadis pandai dan murid teladan Faltiron High School. Kiara akan menjadi mentor dan pemandu  Carlos untuk membiasakan diri sebagai siswa baru, namun Carlos yang tidak menyukai tipikal ‘kutubuku’ semakin jengkel kala mendapati hal itu merupakan permintaan Alex yang kebetulan mantan mahasiswa Profesor Richard Wesford – ayah Kiara. Kehadiran Carlos Fuentes di Colorado dan Flatiron High School disertai tekad bulat untuk mengabaikan dan melanggar semua aturan, kecuali aturan yang dibuat sendiri olehnya. Ia membuat Alex selalu khawatir dan jengkel, hingga akhirnya murka.

( Meet Alex - Carlos - Luis of Fuentes Family )
Ia bahkan dengan sengaja bertingkah-laku layaknya ‘bocah-brengsek’ terhadap Brittany, yang anehnya selalu sabar dalam menghadapi kelakuan Carlos. Bukannya mendengarkan saran Kiara, ia justru berkumpul dengan siswa-siswi yang suka hura-hura, pesta narkoba hingga tak sadarkan diri. Namun hal ini semakin bertambah runyam saat dilakukan razia narkoba di sekolah, ditemukan sekantong narkoba yang ‘berbahaya’ di dalam loker Carlos. Dengan latar belakang sebagai anak gangster, keturunan Latino, dan baru pindah dari kota lain, kecurigaan besar oleh pihak berwajib, nyaris membuat Carlos masuk dalam penjara. Tak seorang pun mau mendengarkan, bahkan narkoba itu bukan miliki Carlos dan bukan ia yang meletakkan dalam loker.

Di saat genting Profesor Richard Wesford turun tangan, dan demi menghindari penjara, Carlos dimasukan dalam program REACH (program khusus untuk remaja berisiko yang terlibat masalah) – dimana status Carlos masuk dalam ‘masa percobaan’ untuk dinyatakan layak menjalani kehidupan dan pendidikan normal. Salah satu solusi untuk masalah pengawasan dan memastikan Carlos menjalani kehidupan yang ‘sehat dan benar’ sesuai aturan, Profesor Wesford menawarkan diri untuk ‘menerima’ Carlos tinggal bersama keluarganya. Bagaimana tanggapan Carlos terhadap perubahan ini ? Dan bagaimana respons anggota keluarga Wesford lainnya, istri serta kedua anak Profesor Wesford, Kiara dan Brandon ?

Kisah buku kedua ini lebih menarik dibandingkan buku sebelumnya. Bukan saja karakter Carlos yang mampu menimbulkan rasa geli dengan kekonyolan yang ia lakukan, melainkan juga keberadaan Kiara – siswa teladan yang menyimpan rasa rendah diri akibat problema ‘gagap’ yang acapkali menimpa dirinya. Karakter Kiara yang bebas dan berani berbuat sesuatu yang berbeda, termasuk sahabatnya Tuck Reese – cowok tampan yang sebenarnya gay dan sangat usil (simak bagaimana cara ia ‘mengerjai’ Carlos). Tuck sangat menyayangi Kiara beserta keluarganya karena masa lalunya yang kelam mampu berubah akibat pertolongan dan kebaikan kelaurag Wesford.

Bahkan anggota keluarga Wesford lainnya cukup menarik untuk disimak lebih lanjut dengan keunikan dan aturan kebebasan yang mereka anut. Jika pada kasus Brittany yang memiliki tampilan keluarga sempurna, justru lebih menyukai jalinan keakraban yang terjadi di dalam keluarga Fuentes, maka pada kasus Carlos, ia menemukan apa yang ‘hilang’ dari keluarganya pada kebersamaannya dengan keluarga Wesford. Again, penulis memberikan sajian kisah yang kompleks seputar dunia remaja serta upaya untuk mewujudkan impian masa depan yang lebih baik. Tanpa kata-kata yang menggurui, untaian kalimat sederhana (terkadang mengundang tawa), akan memikat para pembaca kisah ini.

[ more about this author and related works, just check at here : Simone Elkeles | The Perfect Chemistry Site | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
27th Book in Finding New Author Challenge
77th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...