Translate

Tuesday, April 21, 2015

Books "FAMILY TIES"

Books “IKATAN KELUARGA”
Judul Asli : FAMILY TIES
Copyright © 2010 by Danielle Stell
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Septina Ferniati
Proofreader : Midya N. Santi 
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Juni 2014 ; 424 hlm ; ISBN 978-602-03-0457-1
Harga Normal : Rp. 64.000,-
Rate : 3 of 5

Masa depan Annie Ferguson tampak cerah, dengan karirnya sebagai arsitek muda yang dicari, dan kekasih yang sama-sama mendukung kehidupan karir mereka berdua yang semakin menanjak, hingga merencanakan untuk menjalani kehidupan bersama di sebuah apartemen luas kawasan Manhattan. Di usianya ke-26 tahun, Annie merasa berada di puncak dunia. Hingga sebuah kabar membuat kehidupannya porak-poranda dalam sekejab. Kematian tragis kakak tercinta dan suami dalam sebuah kecelakaan pesawat, membuat Annie menjadi wali ketiga kemenakannya, Lizzie (13 tahun), Ted (9 tahun) dan Katie (6 tahun). Annie segera mengambil keputusan penting untuk membaktikan hidupnya, karirnya, masa depannya, menjadi orang tua yang membesarkan kemenakannya. Ia bahkan harus menerima kepahitan kala kekasihnya memilih untuk putus daripada menanggung beban tanggung jawab keluarga baru bersama Annie. Kepedihan membuat Annie menenggelamkan diri dalam pekerjaan dan mengurus ketiga kemenakannya.


Tanpa terasa 16 tahun kemudian, Annie berhasil membesarkan Lizzie yang kini menekuni dunia fesyen dan modelling. Sedangkan Ted memilih kuliah di jurusan hukum. Si bungsu Katie yang mewarisi bakat seni ibunya, sekaligus memiliki sifat pemberontak, menjadi ujian kesabaran Annie kala ia memilih untuk menekuni dunia tattoo alih-alih meneruskan kuliahnya. Annie harus membiasakan diri pada kesepian yang melanda saat pulang ke rumah yang kosong, karena ketiga kemenakannya telah menjalani kehidupan dan kesibukan masing-masing. Selama bertahun-tahun ia melepas impian untuk berumah tangga dan kini di usianya ke-42 tahun, selain pekerjaan dan masa-masa liburan saat para kemenakan pulang untuk merayakan hari raya bersama keluarga, mau tak mau Annie merindukan sosok untuk berbagi dan menghabiskan waktu hari demi hari. Walau tak satu pun pria yang diperkenalkan dan berusaha dijodohkan oleh sahabatnya, mampu menggerakkan hati Annie. Benarkah ia ditakdirkan untuk menjalani sisa waktunya dalam kesepian dan kesunyian ? 

Konflik yang muncul pada awal kisah, tentang pergulatan seorang wanita muda yang berada di puncak kesuksesan dan impiannya, kemudian harus melepaskannya demi keutuhan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya, mampu membuatku penasaran sekaligus menaruh perhatian penuh terhadap sosok Annie Ferguson. Namun penulis memilih untuk ‘mempercepat’ proses selama 16 tahun untuk langsung terjun pada kehidupan pribadi masing-masing ketiga kemenakan Annie dalam memilih jalan hidup mereka. Antara Lizzie yang sempurna secara fisik namun memiliki rasa rendah diri dan ketakutan tersendiri dalam menjalin hubungan secara serius, hingga selalu terjebak pada pria stereotipe yang tak peduli dengan wanita pendampingnya, hingga Ted yang pendiam, tekun dan menjadi teladan keluarga, sampai ia jatuh pada godaan seksual wanita yang jauh lebih tua sekaligus ‘sakit-jiwa’. Yang paling menarik untuk disimak adalah hubungan Katie dengan pemuda dari keturunan Iran, yang berbuntut pada kasus penyanderaan keluarga kala mereka berkunjung di Iran.

Sayangnya sekali lagi penulis mengakhiri kisah ini dengan penyelesaian yang dipaksakan ‘happy-ending’ tanpa penjelasan lebih lanjut dan pematangan masing-masing karakter yang cukup bervariasi dan menarik untuk dikembangkan lebih dalam. Ciri khas karya Danielle Steel yang berkutat pada konflik hubungan antar manusia, selalu lebih condong untuk men-dramatisir adegan romansa alih-alih memberikan keleluasaan untuk kisah serta karakternya berkembang menjadi sesuatu yang lebih menarik dari sekedar melodrama biasa. Hal yang cukup mengganggu juga muncul pada usaha penyelesaian kisah penyelamatan yang dilakukan oleh Annie dan kekasihnya di Teheran. Alasan penyanderaan yang agak dibuat-buat, disusul aksi ala ‘superhero’ untuk membawa pulang dua remaja yang ditahan, tidak menunjukkan adanya keseriusan untuk mengulas konflik adat dan budaya kehidupan di Iran. Entah mengapa diriku justru merasakan sudut pandang stereotipe bangsa Amerika terhadap bangsa Iran yang tercermin melalui penggambaran penulis. Cukup banyak ‘lubang-lubang’ yang membuatku merasa ‘just-ok’ untuk kisah kali ini ...

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku


No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...