Translate

Sunday, May 17, 2015

Books "LIGHTNING"

Books “KILAT MENYAMBAR”
Judul Asli : LIGHTNING
Copyright © 1998 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Diniarty Pandia
Cetakan IV : Juni 2003 ; 560 hlm ; ISBN 978-979-605-307-0   
Harga Normal : Rp. 50.000,-
Rate : 2.5 of 5

Alexander Parker – cantik, menarik, cerdas dan sangat mencintai pekerjaannya sebagai pengacara di biro hukum ternama. Pernikahannya dengan Sam Parker yang juga sukses sebagai pialang saham, berjalan penuh kebahagiaan dengan kehadiran Annabelle, putri kesayangan mereka berdua. Masa depan keluarga mereka tampak semakin meningkat, bahkan di sela-sela kesibukan dan jadwal yang sangat padat, baik Alex maupun Sam selalu menyempatkan waktu untuk keluarga tercinta. Keinginan untuk menambah anggota keluarga baru pun harus menyesuaikan dengan rutinitas mereka. Alex tak pernah mengeluh meski ia harus menjalani aneka terapi dan pengobatan demi munculnya calon bayi baru di tengah keluarga Parker.


Dan suatu hari, bagai kilat menyambar di tengah hari, Alex mendapati rutinitas ‘check-up’ yang ia jalani menemukan adanya ‘massa yang berbahaya’ di dalam tubuhnya. Dalam waktu yang relatif singkat, ia di-diagnosa menderita kanker payudara stadium dua yang harus segera dioperasi dan menjalani kemoterapi. Di saat situasi menuntut Alex untuk lebih banyak beristirahat, sekaligus membutuhkan dukungan dan support penuh dari Sam, lelaki yang ia cintai justru tampak sengaja menghindari dirinya. Dengan berbagai alasan sibuk dengan tuntutan pekerjaan, Sam mulai menarik diri dan jarang berkomunikasi dari hati ke hati dengan Alex.

Ia tidak menyukai perubahan yang terjadi pada diri Alex – wanita lincah dan mandiri serta seksi, kini senantiasa letih dan lesu, sama sekali tidak mampu menimbulkan gairah yang pernah ia rasakan ketika memandang istrinya. Situasi di kantor memang menuntut Sam untuk lebih fokus karena adanya target baru. Dan pekerjaan baru tersebut mempertemukan dirinya dengan Daphne – wanita yang penuh gairah dan senantiasa memberikan ‘pertanda’ untuk mengundang Sam berhubungan lebih lanjut. Daphne yang berani dalam mengambil inisiatif, akhirnya mampu mengalahkan pertahanan Sam. Kini alih-alih pulang ke rumah dan berhadapan dengan Alex yang membuatnya gelisah dan tidak nyaman, Sam mendapati ‘perselingkuhan panas’ yang dijalani bersama Daphne jauh lebih menyenangkan.

Tema perselingkuhan dalam kehidupan rumah tangga bukanlah sesuatu yang baru, dan penulis menambah efek dramatis dengan memberi ‘vonis’ penderita kanker pada tokoh utama wanita, Alex Parker. Tentu saja simpati pembaca diharapkan berpihak pada diri Alex. Hal ini dipermudah dengan perubahan drastis pada sosok Sam, yang pada akhirnya menjadi pria egois, menyebalkan, brengsek , dan sebutan negatif lainnya yang bisa diberikan kepada pria yang tega menelantarkan istri yang sedang menjalani pengobatan kanker – dan berusaha untuk hamil demi kelangsungan rumah tangganya. Bahkan saat Alex mulai terbuka dan menerima bantuan asistennya, yang bukan saja sangat perhatian tapi juga mampu memberikan apa yang tidak ia peroleh dari Sam – siapa yang akan menyalahkan Alex, mengingat perlakuan Sam terhadap dirinya.

Dan di saat diriku mulai bisa ‘menerima’ situasi yang kira-kira (diharapkan) akan terjadi, penulis menjatuhkan ‘bom’ yang membuat kondisi berubah 180 derajat. Jujur, diriku tidak menyukai – ralat, sama sekali tidak menyukai pilihan ending yang terjadi. Mungkin karena diriku bukan tipikal manusia yang bakal begitu saja melupakan ‘perbuatan’ yang sengaja dilakukan untuk menyakiti diriku, dan jelas karakter Alex digambarkan bukanlah karakter yang demikian. Terlepas dari unsur ‘berlapang dada’ dan memaafkan kesalahan di masa lalu, bukan berarti menerima kembali dan berharap kondisi lama akan pulih. Ada beberapa hal yang bisa dimaafkan dan dilupakan, but cheating, lying, neglected someone who supposed to-be-taking care and without slightly remorse ? Mmmm...yang bisa kukatakan, sungguh bodoh and really stupid langkah-langkah yang ‘dipilihkan’ oleh penulis bagi karakter dalam kisah ini. Justru berkesan sangat ‘tidak real’ – ini bukanlah dongeng fairy-tale yang selalu happily ever after, rasanya real life tidak akan terjadi seperti dalam kisah ini. So, 2.5 star for Lightning (yang benar-benar bikin shock endingnya)

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku


No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...