Translate

Monday, March 31, 2014

Books "PLAYING JAMES"

Books “PURA-PURA JADI DETEKTIF”
Judul Asli : PLAYING JAMES
[ book 1 of Colshannon Series ]
Copyright © Sarah Mason 2002
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Julanda Tantani
Desain & ilustrasi sampul : eMTe
Cetakan I : September 2005 ; 504 hlm ; ISBN 978-979-22-1667-7
Rate : 4 of 5 

Holly Colshannon sudah terbiasa dalam kehidupan sehari-hari yang penuh ‘drama’ dan suasana ribut, bersama keluarag maupun di tempat kerjanya. Namun peristiwa darurat yang menyangkut menggiring sahabatnya Lizzie ke Bagian Gawat Darurat akibat kondom yang ‘nyangkut’ di area tertentu, membawanya pada perubahan karir sebagai jurnalis lepas Bristol Gazette dimana ia bekerja. Menggantikan rekan jurnalis bagian kriminal yang berhalangan (sekaligus musuh bebuyutan Holly karena pria itu sangat arogan dan menyebalkan), ia berhasil melakukan wawancara tentang kasus kriminal di rumah sakit, meski untuk itu ia harus melakukan siasat sembunyi-sembunyi menghindari detektif yang sama sekali tidak mau bekerja sama bahkan berusaha mengusirnya keluar dari rumah sakit.



Sebuah keberuntung menyusul, kala Pete – reporter kriminal mengundurkan diri demi mengejar karir yang lebih prestius, dan Joseph ‘Joe’ Heesman sang editor, mengangkat Holly sebagai penggantinya. Sebagai tugas resmi pertama sebagai wartawan kriminal Bristol Gazette, tugas Holly menjadi ‘bayangan’ salah satu detektif terbaik dan menulis kolom khusus tentang kehidupan seorang penegak keadilan beraksi. Ide yang digagas oleh Robin – kepala humas kepolisian yang baru pindah dari London, Inggris, mendapat tanggapan dan persetujuan menarik dari kedua belah pihak, departemen kepolisian dan Bristol Gazette. Hanya ada satu masalah yang cukup mengganjal, detektif yang harus ia ‘kutit’ tidak lain adalah James Sabine – detektif handal sekaligus pria arogan nan menyebalkan yang mengusir Holly dari rumah sakit !!

Sersan Detektif James Sabine tak pernah mundur dari tantangan apa pun, menjadi dirinya detektif yang handal dalam mengusut kasus-kasus kriminal yang sulit dipecahkan. Namun kali ini ia harus mencari dukungan kekuatan demi menghadapi Holly. Karena keberadaan wanita merupakan mimpi buruk yang berkepanjangan. Pertama, ia sangat-sangat canggung, selalu tersandung, terjatuh akibat koordinasi anggota tubuh yang sangat buruk (terutama jika dalam kondisi panik). Kedua, wanita ini sangat usil dan suka sekali ‘berbicara’ dan selalu memiliki inisiatif terhadap hal-hal yang ‘terlarang’ (seperti menerima pesan yang bukan untuk dirinya, dan salah meneruskan informasi tersebut) atau berbahaya bagi dirinya sendiri (seperti mengemudi tanpa melihat ke depan).

Proyek yang seharusnya ‘berjalan-mulus’ selama 6 minggu, berubah menjadi situasi yang tak terkendali bagi Holly maupun James. Selain persinggungan dan pertengkaran yang terjadi di antara mereka, muncul masalah baru ketika sebuah bahan berita eksklusif yang dibuat oleh Holly untuk Britol Gazette, disabot, dan muncul lebih dahulu di harian ‘Journal’ – ketika penyelidikan dilakukan, diketahui ada pihak tertentu di bagian kepolisian yang ‘membocorkan’ informasi rahasia menyangkut kasus-kasus yang dtangani oleh Detektif James Sabine. Siapa gerangan yang menjadi ‘mata-mata’ bagi Journal dan bagaimana kelanjutan hubungan antara Holly dan James yang berubah menjadi saling mencurigai satu sama lain ??

Ini adalah salah satu kisah ‘chicklit’ yang mengangkat tema tidak biasa, dan disajikan dengan gaya humoris yang mampu membuatku terpingkal-pingkal sekaligus penasaran bersama Holly, untuk mengungkap misteri di balik kerumitan kasus kriminal dengan sebuah konspirasi di bagian kepolisian. Karakter Holly dan James yang bertolak belakang, membuat suasana sepanjang kisah ini menjadi ‘hiburan-khusus’ yang menarik, dan dipastikan cukup menegangkan, baik dalam konflik hubungan pribadi maupun usaha penyelidikan kriminal. Jika Anda mencari bacaan yang ringan, menghibur sekaligu memiliki kualitas tersendiri, maka karya Sarah Mason ini layak untuk dipertimbangkan sebagai salah satu pilhan. Percayalah, tak mudah melupakan karakter Holly Conshannon (atau Detektif James Sabine yang ‘cold & cool’ with additional ‘spicy’ on several occation) tanpa merasa bosan dengan ‘petualangan’ mereka (^_^).

[ more about this author & related works, just check at here : Sarah Mason | on Goodreads ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
16th Book in What’s A Name Challenge
21th Book in Finding New Author Challenge
65th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...