Translate

Sunday, July 13, 2014

Books "THE CHOICE"

Books “PILIHAN”
Judul Asli : THE CHOICE
by Nicholas Sparks
Copyright © 2010 by Nicholas Sparks
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Rosemary Kesauly
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : April 2014 ; 480 hlm ; ISBN 978-602-03-0369-7
Rate : 3 of 5

Travis Parker bukanlah seorang pria yang tidak menarik. Ia ramah, mudah bergaul, pecinta hewan dan menyukai petualangan. Dan ketika satu demi satu sahabatnya mulai memiliki pasangan dan menikah, memiliki anak dan hidup sebagai keluarga yang bahagia, Travis tetap menjalani kehidupan layaknya pria-single. Bukan berarti Travis mengalami kesulitan untuk menarik perhatian kaum wanita dan berhubungan dengan mereka. Permasalahannya, jalinan hubungan yang terjadi selalu singkat, atau lebih teptanya, Travis menjauh kala hubungan justru semakin erat dan menjurus pada komitmen jangka panjang.



Tanpa pernah kenal lelah, sahabat-sahabatnya (terutama para istri sahabatnya) berusaha membantu Travis dengan menjodohkan pada kenalan mereka yang dianggap sesuai dengan pria itu. Dan Travis selalu berhasil menghindari ‘jebakan’ untuk menuju ke jenjang pernikahan, atau bahkan pertunangan sekali pun. Hingga suatu hari, muncul seorang wanita yang langsung menarik perhatiannya dengan cara yang dramatis. Wanita itu adalah tetangga barunya, yang meski telah menetap beberapa hari, ia merupakan misteri bagi Travis, karena sikapnya yang tertutup dan menyendiri. Hingga suatu hari ia ‘terganggu’ oleh perilaku Travis yang dianggap mengusik ketenangannya.

Gabby Holland, berjuang untuk mencapai segala sesuatu yang menjadi Impian dalam hidupnya. Dari pekerjaan yang mapan sekaligus ia minati hingga kekasih yang menarik, serta hubungan yang lancar tanpa ada perselisihan yang berarti. Hingga suatu saat Gabby terbangun dari ‘mimpi panjang’ – sebuah penantian munculnya ramalan resmi dari sang kekasih. Alih-alih lamaran yang romantis, Gabby mengalami peristiwa yang memalukan sekaligus membuatnya terguncang. Dan ia tersadarkan bahwa kekasih, pujaan hatinya, tidak akan pernah melamar atau menikahi dirinya dengan alasan apa pun.

Sebagai penggemar karya-karya Nicholas Sparks, kisah ini bisa dikatakan ‘terlalu-biasa’ ... so average and even a little-bit absurb, terlebih dengan masuknya pertemuan hingga hubungan antara Travis dan Gabby yang terasa ‘dipaksakan’ untuk menjalani kisah romantis yang sayangnya tidak mampu menimbulkan rasa greget atau luapan emosi sebagaimana karya-karya sang penulis sebelumnya. Membaca buku yang tidak terlalu tebal ini, diriku ‘terjebak’ dalam situasi yang bisa dikatakan mengejutkan dan sama sekali kurang menyenangkan pada beberapa adegan.

Dari pertemuan antara kedua orang yang asing satu sama lain, memiliki problematika untuk menjalin hubungan langgeng dalam jangka panjang (baca : komitmen), mendadak diriku disergap kala Gabby dan Travis akhirnya menikah dan digambarkan hidup bahagia sebagai satu keluarga harmonis. Belum sempat menarik nafas lega, kembali diriku disergap dengan munculnya ‘tragedi’ lain yang memberikan petunjuk lebih jelas pada prolog awal kisah ini (yang juga membingungkan). Menjelang akhir kisah, saat diriku bersiap-siap untuk menerima adegan yang paling menyedihkan-mengharukan-menjubgkir-balikan emosi ... penulis memutar-balikan situasi yang alhasil membuatku ‘melongo’ saking takjubnya.

Apakah berarti endingnya menyedihkan ? Justru karena dibuat ‘happy-ending’ – somehow sangat-sangat chessy and absolutely absurb for my mind. Benar-benar tidak masuk akal !!! Mr. Sparks, this is really-really big (major) disappointment from your biggest fan ... ME \(-__-)/ Mungkin jika dibuat lebih panjang, sehingga tidak berkesan ‘tergesa-gesa’ hingga meloncati beberapa kisah yang melibatkan pergulatan emosional para karakternya, kisah ini bisa jauh lebih bagus. But then again, I’m not the writer, just a reader – a huge fan who love (almost all) Nicholas Sparks’ works. Note : beberapa fakta tentang situasi yang muncul sepanjang kisah ini, seharusnya dicek ulang karena sama sekali tidak sesuai dengan logika dan realita.

[ more about this author & related works, just check at here : Nicholas Sparks | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
154th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

2 comments :

  1. ah iya, aku juga nggak suka sama endingnya. ending penuh tragedi lebih memuaskan hasrat saya :D *eh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... ngak sedrastis itulah, cuman memang 'serba-nanggung' cerita The Choice ini.

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...