Translate

Sunday, July 13, 2014

Books "GLORIOUS ANGEL"

Books “KEKASIH TERINDAH”
Judul Asli : GLORIOUS ANGEL
[ book 1 of SOUTHERN Series ]
Copyright © 1982 by Johanna Lindsey
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Farah Cempakasari
Editor : Jantjé
Desain Sampul : m_shuzue@yahoo.com | © photographer : Studio 37 ; Lorraine Swanson
Cetakan I : Januari 2011 ; 366 hlm ; ISBN 978-602-8723-54-1
Rate : 3 of 5

Angela Sherrington meski masih terbilang sangat muda, ia telah terbiasa untuk mengurus kebutuhan sehari-hari sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Tinggal berdua dengan sang ayah, yang nyaris tak pernah memperdulikan dirinya, menghabiskan waktu serta uang yang sangat sedikit untuk bermabuk-mabukan. Hal ini berlangsung semenjak kepergian ibunya, Charissa Sherrington ketika Angela belum genap setahun. Meski Charissa berusaha membawa serta bayinya, William Sherrington selalu berhasil menemukan dan membawanya kembali. Tak bisa dikatakan apakh karena penampilan Angela yang semakin lama semakin mirip dengan sang ibu, membuat perilaku William memburuk.



Ketika akhirnya berita kematian William yang ditemukan tewas tergeletak di tengah kota dalam kondisi mabuk berat, Angela dihadapkan pada pilihan masa depan yang cukup sulit, walau ia memiliki keberanian dan keuletan yang cukup tangguh. Hingga muncul tawaran pertolongan dari Jacob Maitland – tuan tanah sekaligus pemilik lahan dimana Angela tinggal. Pria setengah baya yang cukup ramah dan perhatian itu, mengangkat Angela sebagai anak asuhnya, dibesarkan dan diberi pendidikan layak untuk tampil sebagai wanita terhormat. Tiada yang mengetahui alasan di balik tindakan pria itu, termasuk kedua putranya. Bahkan terhadap Angela, Jacob hanya mengungkapkan bahwa ia mengenal cukup dekat Charissa untuk peduli pada nasib putrinya yang kini sebatang kara.

Kehadiran Angela di tengah keluarga Maitland, memicu berbagai reaksi. Dari tentangan serta aneka tindakan yang menyudutkan yang datang dari Zachary – putra bungsu Jacob, hingga Crystal Lonsdale – yang awalnya bertunangan dengan Bradford, kakak Zachary, hingga ia memutuskan pertunangan demi menyelamatkan nama baik keluarganya yang berpihak pada golongan Selatan. Bradford sendiri meski dibesarkan sebagai pewaris dan penguasa lahan Maitland yang besar, justru memiliki prinsip serupa dengan sang ayah, memihak pada golongan Utara. Angela yang semenjak kanak-kanak menuai impian untuk ‘bersanding’ dengan Bradford, harus menghadapi kenyataan bahwa Bradford tak pernah memperhatikan dirinya lebih jauh.

Selain mengungkap sebuah skandal pelik tentang kehidupan keluarga golongan atas di kawasan Alabama, hubungan antara Jacob Maitland dengan Charissa dan William Sherrinton, penulis menggunakan latar belakang Amerika pada awal tahun 1862, dimana Perang Saudara (Civil War) yang memecah Amerika menjadi golongan Selatan yang mempertahankan tradisi kehidupan selaku tuan tanah serta sistem perbudakan pada kaum kulit hitam, dengan golongan Utara (Yankee) yang bertujuan membebaskan Amerika dari perbudakan. Dipelopori oleh Presiden Abraham Lincoln, peperangan yang memakan korban tidak sedikit dari kedua belah pihak merupakan salah satu topik yang menarik untuk disimak lebih lanjut.

Dengan memberikan tambahan konflik adanya perpecahan pendapat serta keyakinan pada keluarga Maitland sendiri, situasi menjadi semakin menegangkan kala dua bersaudara, Bradford dan Zachary, bersiteru hingga membuat sang ayah dalam kondisi terpojok. Munculnya sosok Angela, gadis dari golongan miskin yang diangkat ke status terhormat, berhadapan dengan putri tuan tanah yang bangga akan sejarah keluarganya termasuk budak-budak milik keluarganya yang sangat banyak, sosok Crystal Lonsdale digambarkan sebagai wanita yang ambisius dan tak segan-segan memperalat atau menempuh segala cara demi mendapatkan keinginannya. Dengan adanya aneka tema-tema yang sangat menarik ini, seharusnya ada poin tersendiri yang mampu membuatku terkesan. Sayangnya, hingga menjelang akhir, kisah ini berjalan cukup datar dengan hanya berkutat pada masalah ‘romansa’ yang melibatkan ‘banyak’ tokoh didalamnya.

Tentang Penulis :
Johanna Helen Lindsey, lahir pada tanggal 10 Maret 1952 di Jerman. Ia pindah ke Amerika Serikat ketika masih berusia sangat muda. Ia bahkan menikah saat masih menempuh pendidikan di sekolah hingga memiliki 3 orang anak. Setelah suaminya meninggal dunia, ia memutuskan untuk pindah dan membawa keluarganya menetap di Maine, New England, agar lebih dekat dengan kerabatnya. Ia telah menulis puluhan novel yang terjual ratusan juta kopi di seluruh  dunia dan telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

[ more about this author, just check at here : Johanna Lindsey | on FantasticFiction | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
152th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...