Translate

Wednesday, September 3, 2014

Books "HOW TO BE GOOD"

Books “SUAMI SEMPURNA”
Judul Asli : HOW TO BE GOOD
Copyright © Nick Hornby, 2001
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : B. Sendra Tanuwidjaya
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Februari 2006 ; 400 hlm ; ISBN 978-979-22-1963-3
Rate : 2.5 of 5

Pasangan Katie Carr dan David Grant tampak bagaikan keluarga ideal di lingkungan kediaman mereka. Rumah yang cukup bagus di jalan Webster Road 32 London Utara, dua orang anak yang memiliki prestasi cukup bagus di sekolah masing-masing, profesi Katie sebagai dokter umum yang cukup laris dan David yang terkenal melalui kolomnya di surat kabar ‘Pria Termarah di Holloway’ – semuanya bisa menjadi sumber iri hati pasangan lainnya. Tiada yang mengetahui kebenaran di balik ketenangan yang senantiasa tampak dalam kehidupan normal keluarga ini. Hingga suatu hari, Katie ‘meledak’ dari segala sesuatu yang terpendam dalam hatinya sekian lama. Suatu hari tanpa tanda-tanda khusus, Katie meminta perceraian dari suami melalui telepon saat ia sedang melakukan ‘rutinitas’ menanyakan kabar keluarganya di rumah. Katie sudah tidak tahan dengan perilaku David yang dianggap berubah total dari awal pertemuan mereka 24 tahun silam. David yang ia kasihi, telah berubah menjadi pria pemarah, selalu mengumpat dan memancing emosi Katie kapan saja, di mana saja. Hal ini tampak jelas semenjak ia menulis kolom sebagai ‘Pria Pemarah ...” yang tampaknya juga merubah kepribadian David hingga Katie nyaris tak mengenali pria yang pernah ia cintai.



Keputusan Katie untuk meminta perceraian ternyata berbuntut panjang dengan perselingkuhan yang pertama kali dilakukan oleh Katie. Alih-alih merasakan kepuasan, Katie semakin terbeban kala David tampaknya tak terlalu memperdulikan dirinya, justru pria yang dimaksudkan sebagai ‘affair-semalam’ mengejar-ngejar dirinya, mengaku telah terpikat dan berniat menjalin hubungan lebih jauh. Kondisi rumah tangga Katie tidak semakin membaik dengan pemberontakan yang dilakukan oleh putrinya, yang memilih memihak ayahnya dalam segala keputusan dan tindakan. Sedangkan putranya, menenggelamkan diri dalam kegiatan yang dirahasiakan, Katie nyaris ‘meledak’ untuk yang kesekian kali, ketika David mulai melakukan serangkaian tindakan aneh. David Grant sang pemarah, penggerutu dan selalu memiliki hal-hal untuk dicela dan dimaki-maki, mendadak berubah menjadi sosok pria yang ramah, lebih manis bahkan nyaris tidak memaki-maki atau berteriak. Ia juga menawarkan aneka bantuan pada siapa saja, termasuk kepada orang-orang yang tak dikenal. Ia memilih tidak berkutat dengan pekerjaan, alih-alih menemani anak-anaknya bermain. Katie bukan saja terkejut, bahkan menaruh kecurigaan bahwa ini adalah siasat terbaru David untuk mempermainkannya.

Sebuah drama keluarga yang cukup panjang sekaligus cukup ‘membosankan’ menurutku, menggambarkan situasi rumah tangga tipikal khas pasangan yang kehilangan ‘jejak’ serta ‘keyakinan’ masing-masing saat kesibukan dan kerumitan rumah tangga menekan mereka. Alih-alih melakukan komunikasi untuk membuat situasi membaik, mereka memendam kekecewaan, amarah dan ketida-puasan selama bertahun-tahun, hingga suatu saat salah satu atau bahkan keduanya ‘meledak’ dalam kondisi kelelahan emosi dan fisik. Awalnya diriku agak penasaran dengan penyebab perubahan sikap serta kepribadian pada diri David Grant, namun harapan untuk menemukan sebuah jawaban pasti ternyata tidak tercantum dalam niat sang penulis sepanjang kisah ini hingga akhir. Situasi yang serba kacau ini justru digambarkan semakin ruwet dengan adanya perubahan pada diri David, karena ia justru bertindak bak dermawan bagi orang-orang asing tak dikenal, terutama para pengangguran dan pengemis ... bisa dibayangkan bagaimana kondisi Katie mendapati suaminya berlagak seperti Robin Hood alih-alih lebih memperhatikan kebutuhan keluarganya, atau dalam kasus ini memperhatikan kebutuhan Katie. Ini adalah novel pertama Nick Hornby yang kubaca, dan terus terang sama sekali tidak mengundang daya tarik tersendiri.

[ more about this author & related works, just check at here : Nick Hornbyon Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
78th Book in Finding New Author Challenge
196th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...