Translate

Friday, July 8, 2016

[ 2016 | Review #79 ] : "BRIGHTER THAN THE SUN"

Books “KEMILAU CINTA”
by Julia Quinn
Copyright © 1997 by Julie Cotler Pottinger
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Lely Citra Maharani
Editor : Titis Wardhana
Desain sampul : www.expertoha.com
Cetakan I : Maret 2011 ; 416 hlm ; ISBN 978-602-8723-76-3
Harga Normal : Rp. 50.000,-

Eleanor ‘Ellie’ Lyndon mendapati dirinya ‘kejatuhan’ Charles Wycombe, Earl of Billington sebagai awal perjalanan panjang aneh yang akan merubah masa depannya. Mabuk dan cedera akibat jatuh dari atas pohon, tidak membuat Charles kehilangan kesadaran saat ia menawarkan ‘pernikahan’ pada gadis asing yang baru ia temui. Ellie yang sama sekali bukan tipikal gadis gemar berdandan, dan memiliki kebiasaan berbicara ‘blak-blakan’ apa yang muncul di benakknya, menyadari dirinya jauh dari kategori gadis-gadis yang menjadi incaran bangsawan terhormat untuk dijadikan sebagai calon istri. Namun justru perbedaan nyata itu yang menyebabkan Charles tertarik dan bersungguh-sungguh menginginkan Ellie sebagai istrinya – terlepas dari situasi mengerikan yang harus ia hadapi jika tidak segera menikah.


Akibat tuntutan unik yang tercantum dalam wasiat ayahnya, Charles yang gemar menjalani hidup sebagai bujangan sekaligus petualang, harus segera menikah sebelum usianya menginjak 30 tahun, atau seluruh warisan keluarganya akan jatuh ke tangan sepupunya. Batas waktu yang masih tersisa bagi Charles tinggal 15 hari, ketika ia bertemu dengan Ellie. Tentu saja tawaran ‘gila’ yang diberikan di tengah jalan oleh pria asing, yang namanya dikenali sebagai playboy, sama sekali tidak menarik minat Ellie ... seandainya saja masa depannya sendiri tidak dipertaruhkan dalam hitungan hari. Ellie terancam tidak memiliki tempat tinggal, akibat ulah Sally Foxglove – janda mengerikan yang berhasil mencengkeram ayahnya dalam ikatan pernikahan. Mrs. Foxglove memberikan ultimatum bahwa Ellie tidak diterima dalam kediaman ayahnya, kecuali ia segera menikah dengan pria-pria yang ‘ditawarkan’ oleh calon ibu tirinya.

Demi menyelamatkan masa depan masing-masing, baik Charles maupun Ellie melakukan kesepakatan, menjalani ‘pernikahan’ di atas kertas sembari menunggu situasi yang lebih baik untuk mereka berpisah – setidaknya, hal tersebut yang masuk dalam pemahaman Ellie. Sayangnya memasuki dunia pernikahan, ternyata banyak sekali hal-hal yang tidak pernah ia bayangkan harus terjadi, atau ia jalani. Termasuk perilaku Charles yang seakan-akan senantiasa berusaha menggoda dirinya, terjerumus lebih dalam hubungan yang jauh dari sekedar ikatan persahabatan. Apa yang terjadi saat akhirnya Ellie pun menyadari ia telah ‘jatuh-cinta’ pada suaminya, yang senantiasa menggoda dan menghibur dirinya, namun tiada ucapan ‘cinta’ muncul dalam untaian cumbu rayu yang muncul silih berganti. Mampukah Ellie mengatasi konflik dalam rumah tangganya, terutama saat ada pihak-pihak lain yang berniat menghancurkan rumah tangga mereka ?

Oh my ... this story really caught my attention from the very beginning. And did I mention it also super-hilarious-funny-all-over-the pages ? Ini benar-benar menunjukkan ciri khas JQ yang mampu meletakkan situasi hubungan rumah tangga nan kompleks sedemikian menghibur pembacanya. Dari awal pembuka, adegan Charles yang ‘jatuh’ menimpa Ellie mampu memberikan daya tarik ala lem super, dan berlanjut dengan dialog-dialog yang membuatku terkekeh sepanjang waktu. Ellie yang ceplas-ceplos dan sangat cerdas (ia melakukan investasi keuangan melalui permainan saham, sesuatu yang tidak pernah dibayangkan akan dilakukan oleh seorang perempuan pada era tersebut), mandiri sekaligus super nekad jika memiliki tujuan, bersanding dengan sosok Charles yang penuh humor, cuek dan bisa dianggap tidak memiliki tanggung jawab pribadi atas kehidupannya, menyembunyikan kepandaian dibalik tipu-muslihat dan gurauannya.

Melodrama dalam kehidupan rumah tangga baru yang harus dikelola oleh Ellie, saat ia harus berurusan dengan Lady Helen Pallister – janda George Pallister, sepupu Charles yang diterima untuk tinggal bersama, dengan kedua putrinya, Claire – remaja 13 tahun yang membenci Ellie sejak awal pertemuan, dan Judith, bocah 6 tahun yang langsung menjadi sekutu Ellie dalam membuat ulah di sana-sini. Apa yang terjadi saat Ellie terjun langsung ikut beraksi di dapur, membuat kepala juru masak mencak-mencak tidak keruan, kebakaran yang nyaris melalap kediaman merea akibat perbaikan kompor yang dilakukan Ellie, atau rusaknya tanaman rumah kaca tepat setelah Ellie melakukan perbaikan di dalamnya ? Walau alus kisah ini bisa ditebak dengan mudah, diriku sama sekali tidak mengalami ‘keberatan’ akibat kepiawian JQ mengolah adegan dan dialog-dialog yang sangat menghibur. Ending kisah ini pun so sweet, ini bacaan yang sangat kurekomendasikan bagi pembaca, terutama jika Anda membutuhkan sesuatu untuk menghilangkan ‘stress’ hahahaha. Just Love It !!!

Judul Asli : BRIGHTER THAN THE SUN
[ book of LYNDON SISTERS Series ]
by Julia Quinn
Copyright © 1997 by Julie Cotler Pottinger
Rate : 4 of 5

Tentang Penulis :
Julia Quinn adalah nama pena yang digunakan oleh Julia Pottinger (terlahir sebagai Julia Cotler pada tahun 1970), adalah penulis asal Amerika yang terkenal akan karya-karya di bidang historical romance. Beliau sengaja membuat nama pena agar karya-karya bila diletakkan berjajar sesuai urutan abjad, akan bersebelahan dengan karya penulis Amanda Quick yang ia sukai. Novel-novelnya telah diterjemahkan lebih dari 26 bahasa di dunia, dan ia menempati posisi New York Times Bestseller lebih dari 18 kali. Aneka penghargaan juga diterima, mulai dari RITA Award hingga Romance Writers of America Hall of Fame.

[ more about the author & related works, just check at here : Julia Quinn | on Goodreads | on Wikipedia | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...