Translate

Sunday, July 31, 2016

[ 2016 | Review #85 ] : "DANCING AT MIDNIGHT"

Books “DANSA TENGAH MALAM”
by Julia Quinn
Copyright © 1995 by Julie Cotler
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Risty Nurraisa
Editor : Jantjé
Desain sampul : www.expertoha.com
Cetakan I : November 2010 ; 432 hlm ; ISBN 978-602-8723-44-2
Harga Normal : Rp. 50.000,-

~ WARNING : SPOILER ALERT !! ~

Usai petualangan seru antara Emma Dunster dan Alex Ridgely, yang melibatkan aksi penculikan dan penyelamatan Belle Blydon dari sekapan Viscount Benton yang licik dan ambisius, tak heran jika Belle memilih untuk ‘menyepi’ menikmati ketenangan di kediaman pasangan Ashbourne. Lady Arabella ‘Belle’ Blydon memiliki kecantikan alami yang mampu memikat kaum pria dari kalangan mana pun, namun uniknya ia sama sekali tidak terlalu menyadari daya pikat itu, dan cenderung menikmati dunianya sendiri, tenggelam dalam bacaan jika saja ia tidak dilibatkan dalam aneka petualangan yang biasa diprakarsai oleh Emma, sepupunya yang kini sudah menikah. Countess of Worth cukup mengkhawatirkan masa depan putrinya yang cenderung ‘kutu buku’ – namun ia juga tidak menyetujui ‘kenakalan-kenakalan’ yang muncul akibat ulah Emma (syukurlah, setidaknya kini ada sosok suami yang mampu meredam kenekatan Emma – demikian pemikiran Caroline Blydon).


Dan siapa yang bisa menduga, bahwa Belle menemukan daya tarik pada seorang pria, justru jauh dari keramaian London. Lord John Blackwood adalah putra bungsu seorang Earl, dengan jumlah saudara yang sangat banyak dipastikan masa kecilnya hingga beranjak dewasa, ia tidak mendapatkan perhatian khusus dan terbiasa menjalani kehidupan secara mandiri. Memilih kehidupan militer dengan prestasi menakjubkan, yang membawa penghargaan atas jasanya sebagai pahlawan perang berupa gelar bangsawan terhormat, tidak merubah sifat dan karakter John menjadi pria bangsawan ‘biasa’ – hal ini pula yang membuat Belle tertarik tanpa mengetahui secara jelas mengapa John Blackwood terasa sangat ‘berbeda’ sekaligus menggugah rasa penasaran dari Belle. John tidak setampan Alex, bahkan cedera perang yang menyebabkan dirinya pincang, tentu saja tidak akan membuat penampilannya lebih menarik. Selain kegemaran John akan bacaan-bacaan tertentu, tampaknya hanya itu persamaan yang dimiliki Belle dengan John.

Apa yang terjadi saat ‘cinta’ mampu merubah pandangan hidup bahwa membangkitkan ‘sesuatu’ dari masing-masing pihak yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya ? John Blackwood adalah pria yang harus ‘berjuang’ sepanjang hidupnya semenjak kanak-kanak. Keberanian dan tekad besar yang membuatnya mampu bertahan bahkan saat situasi genting mengancam kakinya untuk diamputasi. Singkat cerita, John tidak pernah menyerah dalam situasi terburuk sekali pun, hingga ia bertemu dengan Belle Blydon, yang justru membuat nyalinya ciut akan bayang-bayang ketakutan yang menggerogoti dirinya – akibat rahasia masa lalu yang senantiasa menjadi mimpi-mimpi buruknya. Sedangkan Belle – sepanjang hidupnya ia dipenuhi kasih sayang dan perlindungan keluarga maupun orang-orang lain, kenyamanan dan keamanan adalah jaminan dalam kehidupannya. Namun berhadapan dengan John, Belle mendapatkan suntikan semangat yang tak pernah diketahui ia miliki. Demi John, Belle mampu berubah menjadi gadis super nekat dan berani mengambil resiko, sesuatu yang biasanya hanya dilakukan oleh sepupunya, Emma.

Situasi yang terjalin antara John Blackwood dan Belle Blydon bukanlah sesuatu yang ‘biasa’ menyangkut dua pribadi yang dibesarkan dalam ruang lingkup yang berbeda. Namun justru disinilah perbedaan nyata yang menyoroti sisi lain sosialisasi serta norma-norma kehidupan kaum bangsawan, apa yang dipandang sebagai ‘kehormatan’ sebagai sekedar kiasan atau justru  menjadi pedoman hidup, dicerminkan melalui kedua karakter ini. Trauma dan beban masa lalu John yang menggerogoti dirinya, turut menambah nuansa misteri yang mencekam, hanya sayangnya hal ini kurang dieksplorasi lebih dalam oleh penulis, yang bisa saja membuat kisah ini jauh lebih kompleks dan berbobot seperti halnya kasus dalam serial Hathaway karya Lisa Kleypas. Ya, karena ini adalah karya JQ, yang lebih dikenal dengan kisah-kisah yang ‘menghibur’ – kasus yang menjadi latar belakang kisah ini pun tenggelam dalam anekdot dan sindiran yang disampaikan melalui humor cerdas menyangkut kelayakan, kehormatan dan perjuangan ala John dan Belle. It’s a quite interesting story (^0^)

Judul Asli : DANCING AT MIDNIGHT
[ book of BLYDON Series ]
by Julia Quinn
Copyright © 1995 by Julie Cotler
Rate : 3 of 5

Tentang Penulis :
Julia Quinn adalah nama pena yang digunakan oleh Julia Pottinger (terlahir sebagai Julia Cotler pada tahun 1970), adalah penulis asal Amerika yang terkenal akan karya-karya di bidang historical romance. Beliau sengaja membuat nama pena agar karya-karya bila diletakkan berjajar sesuai urutan abjad, akan bersebelahan dengan karya penulis Amanda Quick yang ia sukai. Novel-novelnya telah diterjemahkan lebih dari 26 bahasa di dunia, dan ia menempati posisi New York Times Bestseller lebih dari 18 kali. Aneka penghargaan juga diterima, mulai dari RITA Award hingga Romance Writers of America Hall of Fame.

[ more about the author & related works, just check at here : Julia Quinn | on Goodreads | on Wikipedia | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...