Translate

Friday, May 20, 2016

[ 2016 | Review #66 ] : "ARE YOU AFRAID OF THE DARK ?"

Books “APAKAH KAU TAKUT GELAP ?”
by Sidney Sheldon
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Gita Yuliani Koesbaroto
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan III : Agustus 2005 ; 436 hlm ; ISBN 978-979-22-1157-3
Harga Normal : Rp. 45.000,-

Sepasang suami istri tewas secara terpisah, situasi yang mereka alami dianggap sebagai tragedi yang terkadang muncul di Berlin, Jerman. Denver, Colorado dikejutkan dengan jatuhnya sebuah pesawat kecil dan hasil penyelidikan menyimpulkan sebagai kecelakaan fatal yang merenggut sang pilot. Di Paris, Prancis, seorang pria tewas, jatuh dari Menara Eiffel. Dan pihak kepolisian Manhattan, New York, sekali lagi menemukan mayat pria yang dibuang di sungai, korban yang diindikasi sebagai ‘hasil’ perbuatan kaum mafia. Tiada yang menghubungkan serangkaian peristiwa yang berbeda-beda ini, hingga sepasang wanita yang kehilangan pasangan masing-masing dipertemukan dalam situasi yang pelik sekaligus mengundang mara bahaya.


Richard Stevens adalah pria yang disimpulkan sebagai korban balas dendam mafia, apalagi mengingat Diane Stevens – istrinya, sedang menjalani persidangan sebagai saksi memberatkan terdakwa, Tony Altieri – salah satu gembang mafia yang ditakuti. Kematian Richard mengguncang Diane, membuatnya mempertanyakan apakah perbuatannya mengakibatkan kematian tersebut. Akan tetapi serangkaian peristiwa yang kemudin muncul, membuatnya curiga, bahwa ada ‘sesuatu’ yang berbeda pada kematian Richard. Pertemuannya dengan Kelly Harris – janda Mark Harris yang dikabarkan mengalami ‘kecelakaan’ saat tubuhnya ditemukan di kaki Menara Eiffel, membawa keduanya pada teori yang mengguncang keduanya.

Richard dan Mark tidak pernah diketahui mengenal satu sama lain atau berhubungan, apalagi keduanya bekerja di belahan negara yang berbeda. Namun keduanya memiliki kesamaan karena mereka adalah karyawan Kingsley Internatiobal Group (KIG) – konsorsium yang merupakan wadah para pemikir terbesar di dunia. Didirikan oleh Andrew dan Tanner Kingsley, kakak beradik yang brilian, KIG merupakan sumber ide sekaligus informasi melalui kumpulan ilmuwan jenius dari berbagai bidang dan pengetahuan, dan tentu saja memberikan layanan jasa bagi pihak-pihak tertentu yang berkaitan dengan kekuasaan serta perputaran dana yang tidak sedikit. Lalu apa hubungan antara KIG dengan korban-korban yang tewas, selain mereka merupakan pekerja KIG ?

Sidney Sheldon merupakan penulis brilian menyangkut tema-tema drama suspense berbalut misteri dan teka-teki yang dijamin mengundang rasa penasaran. Tema kali ini menyinggung tentang penemuan rahasia, di mana mereka yang memegang ‘kunci’ atas penemuan ini akan memiliki kekuasaan mengendalikan ‘cuaca’ – sesuatu yang merupakan kekuasaan Tuhan. Tentu saja jika hal ini disalah-gunakan oleh pihak-pihak tertentu, misalnya sebagai senjata perang, maka dipastikan akan terjadi perubahan besar pada alam semesta dan merusak tatanan serta keseimbangan dunia beserta isinya.

Melalui dua karakter wanita, sepasang janda yang harus berjuang bukan saja menemukan jawaban di balik kematian pasangan mereka, tetapi juga menghindari para pemburu yang diutus untuk melenyapkan mereka secepat mungkin, membawa pembaca pada alur yang cepat dan situasi yang penuh intensitas tinggi. Walau bukan tipikal kisah yang melibatkan karakter ala agen rahasia, alih-alih berpusat pada orang ‘awam’ – dua orang wanita yang ketakutan namun tidak bersedia menyerah tanpa perlawanan, bisa dipastikan adegan-adegan yang muncul jauh dari pernak-pernik dan detil super canggih maupun adegan laga penuh aksi. Tapi justru ‘kesederhanaan’ yang muncul, memberikan daya tarik tersendiri sebagaiman ciri khas karya penulis ...

Judul Asli : ARE YOU AFRAID OF THE DARK ?
Copyright © 2004 by Sidney Sheldon Family Limited Partnership
Rate : 3.5 of 5

[ more about the author & related works, just check at here : Sidney Sheldon |  on Goodreads | on Wikipedia | at IMDb ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...