Translate

Friday, May 20, 2016

[ 2016 | Review #67 ] : "THE SKY IS FALLING"

Books “LANGIT RUNTUH”
by Sidney Sheldon
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hidayat Saleh
Re-desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan VII : Januari 2006 ; 432 hlm ; ISBN 978-979-655-966-4
Harga Normal : Rp. 45.000,-

No ... it’s not a ‘chicken little’ story – walau ungkapan ‘langit runtuh’ memang di-populerkan oleh karakter tersebut. Kisah yang akan diungkapkan oleh penulis, jauh lebih pelik dan kompleks, dan tentu saja tanpa melibatkan kehadiran ‘aliens’ di tengah konspirasi dunia. Dibuka dengan adegan yang mengguncang dunia, tatkala Gary Winthrop – salah satu tokoh terkemuka dikabarkan tewas terbunuh. Gary adalah anggota terakhir keluarga besar Winthrop yang memiliki pengaruh serta kekuasaan, disertai serangkaian keterlibatan mereka dalam berbagai aksi sosial membantu berbagai pihak yang membutuhkan. Jika bisa dianggap sebagai pembanding, keluarga Winthrop serupa dengan keluarga Kennedy yang legendaris. Apakah memang penulis terinspirasi dari kematian demi kematian yang menimpa anggota terkemuka keluarga Kennedy, entahlah, yang jelas kisah ini membuka sebuah jalan pada teori konspirasi para tokoh dunia yang menganggap keluarga tersebut akan berkontribusi pada ‘kegagalan’ tujuan pribadi pihak-pihak tertentu, yang bersedia menghalalkan segala cara demi tercapai tujuan tersebut.


Melalui karakter Dana Evans – seorang pembaca berita jaringan televisi Washington, pembaca diajak menelusuri proses penyelidikan ala Erin Bronkovich, yang menaruh kecurigaan besar pada kasus terakhir : kematian Gary Winthrop. Pihak berwajib memutuskan kematiannya akibat ia tanpa sengaja memergoki pencuri yang memasuki kediamannya. Namun Dana melihat berbagai kejanggalan yang membuatnya mempertanyakan, benarnya yang memasuki kediaman dan membunuh Gary adalah pencuri biasa ? Berusia 27 tahun, cantik dan menarik, cerdas sekaligus menyukai tantangan, sosok Dana bukan sekedar digambarkan sebagai ‘super woman’ – justru penulis menyorotkan pergulakan yang harus ia jalani dalam keseharian. Dari kerepotan membesarkan Kemal – anak angkat, korban perang yang dibawanya dari Sarajevo, kelangsungan hubungan panjang dengan Jeff Connors – kekasih sekaligus kolega dalam pekerjaan, hingga serangkaian episode paska-traumatik sindrom yang ia alami setelah perjalanan panjang meliput perang secara langsung.

Dana yang memiliki penciuman layaknya anjing pelacak jika menyangkut ‘sesuatu’ yang disembunyikan, mulai menggali pada sejarah panjang keluarga Winthrop, pada kematian-kematian anggota keluarga terdahulu, sekaligus kehidupan yang mereka jalani. Ketika penyelidikannya membawa pada usaha menemukan saksi-saksi yang pernah mengenal keluarga Winthrop dari dekat, satu demi satu orang-orang yang ia temui atau hendak ia temui, mendadak menghilang dan tewas dalam kecelakaan aneh. Dana bukan sosok yang mudah menyerah begitu saja, apalagi jejak penyelidikannya senantiasa bertemu dengan kematian tak terduga orang-orang tertentu. Dana tidak akan berhenti mencari jawaban, hingga ia dihadapkan pada kenyataan mengerikan, bahwa bisa jadi dirinya telah menjadi target korban berikutnya, terutama semenjak beberapa ‘kecelakaan’ kecil terjadi pada dirinya ...

Kisah dengan karakter jurnalis yang mengejar kebenaran, mengungkap skandal serta konspirasi selalu menjadi topik favoritku. Walau jujur sosok Dana Evans yang ditampilkan sebagai penyelidik handal, termasuk menyusup ke kawasan berbahaya, berpadu dengan keinginannya mengasuh anak adopsinya, yang mengalami ‘masalah’ sebagai korban ranjau hingg kehilangan sebelah tangannya, digambarkan sedikit kurang realistis menurutku. Ditambah dengan situasi hubungan ‘tidak-jelas’ dengan kekasihnya, Jeff – yang terkena sindrom ‘pahlawan’ hingga selalu siap lari menolong mantan istrinya setiap kali ia ‘memanggilnya’ – betapa Dana digambarkan tetap bertahan dan fokus pada tujuannya. Tapi diluar fakta tersebut, kisah ini tetap kusukai (^_^)

Judul Asli : THE SKY IS FALLING
Copyright © 2000 by Sidney Sheldon Family Limited Partnership
Cover art © Bradford Foltz ; photographer by Michael Britto
Rate : 3.5 of 5

[ more about the author & related works, just check at here : Sidney Sheldon |  on Goodreads | on Wikipedia | at IMDb ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...