Translate

Saturday, November 1, 2014

Books "PLAIN TRUTH"

Books “KEBENARAN SEDERHANA”
Judul Asli : PLAIN TRUTH
Text Copyright © 2000 by Jodi Picoult
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Esti Ayu Budihabsari
Cetakan I : Mei 2007 ; 528 hlm ; 978-979-2226-71-3
Rate : 3.5 of 5

Paradise – kota kecil di Pennsylvania, Lancaster County dikejutkan dengan adanya penemuan mayat bayi di dalam kandang ternak salah satu keluarga Amish. Tiada yang mengetahui siapa gerangan yang telah melahirkan bayi tersebut, namun penyelidikan pihak berwajib segera menemukan kejanggalan pada salah satu anggota keluarga tersebut. Katie Fisher – gadis remaja berusia 18 tahun, belum menikah atau berkeluarga, adalah sang ibu yang melahirkan bayi itu. Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa kematian sang bayi bukan secara alami, melainkan akibat ‘campur-tangan’ pihak lain. Tak pelak, Katie merupakan tersangka utama dalam dakwaan telah membunuh bayi yang tidak bersalah itu.



Keluarga Fisher meminta bantuan Ellie Hathaway – pengacara ternama yang sengaja datang cukup jauh dari Philadelphia untuk menangani kasus Katie. Ellie yang memiliki hubungan kekerabatan dengan salah satu anggota komunitas Amish ini, semula menyangka misi yang dijalani akan berlangsung tanpa hambatan. Namun seiring dengan waktu, Ellie menyadari bahwa ia harus tinggal lebih lama di kota kecil yang terletak di kawasan serta komunitas yang jauh dari peradaban dan hal-hal yang menjadi kebiasaan dalam rutinitas kehidupan Ellie. Bukan berarti ia mundur dengan adanya halangan, ia justru tertantang untuk berusaha menyelesaikan misinya dengan hasil yang memuaskan ... setidaknya bagi dirinya.

Ellie Hathaway – pengacara sukses, wanita karir dan masih menyukai hidup melajang di usia ke-39 tahun, tidak mempercayai ikrar dalam ikatan pernikahan, tak pernah menduga bahwa kehidupannya akan ‘jungkir-balik’ akibat kasus ini. Terdakwa yang dibelanya, bukanlah monster pembunuh yang mengerikan, melainkan gadis manis yang penyayang dan lembut, namun memiliki keyakinan teguh sebagaimana kaum Amish dalam komunitas tersebut. Hambatan terbesar muncul ketika Katie menolak pembelaan Ellie, dengan alasan ia tak melanggar hukum ataupun norma-norma yang berlaku di komunitas Amish. Apakah ini berarti Katie bukanlah pembunuh bayinya ? Apakah sebenarnya yang terjadi di balik kehidupan komunitas masyarakat yang tertutup itu ?

Sejak awal saat membaca sinopsis kisah ini, rasa penasaran memenuhi benakku, dan terbukti dari bab pertama kisah ini membuatku terlarut dalam perjalanan menyingkap selubung misteri kehidupan masyarakat Amish yang tertutup dan memegang adat serta peraturan yang ketat, hingga seorang gadis remaja mendobrak ‘pintu’ yang menjaga kestabilan komunitas tersebut. Karakter Ellie Hathaway yang menganut paham kesetaraan dan modernisasi, harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat, demi mendapatkan kebenaran yang sangat sulit ia peroleh, termasuk dari korban yang ia wakili dalam pengadilan yang akan menentukan masa depan gadis tersebut. Satu demi satu, pertanyaan demi pertanyaan mulai terjawab, hingga menjelang akhir kisah ...

Sayangnya, penulis tak mampu memberikan penyelesaian yang memuaskan, terlepas dari konflik yang cukup kompleks, penggambaran serta peran serta karakter-karakter yang unik, hingga latar belakang yang menggugah perhatian, semuanya berjalan dengan alur yang mengundang pembaca untuk terhanyut – hingga menjelang seperempat bagian menuju akhir, entah mengapa suasana dan intensitas yang telah terjalin mendadak menurun dan nyaris berjalan dengan ‘datar’ ... ditambah dengan ending yang terasa dipaksakan untuk usai, nyaris membuatku super jengkel karena terasa sangat sia-sia belaka perjalanan untuk memulai kisah ini. Sungguh sangat disayangkan, padahal premisenya sangat bagus \(-__-)/

Tentang Penulis :
Jodi Picoult, lahir pada tahun 1966 dan semenjak remaja sudah bercita-cita menjadi seorang penulis. Ia menerima gelar A.B.jurusan creative writing dari Princenton University dan gelar master bidang pendidikan dari Harvard University. Pada tahun 2003, beliau menerima penghargaan New England Book Award untuk karya fiksi. Sampai tahun 2006, sudah 13 novel yang diterbitkan dan sebagian besar temanya membahas tentang konflik keluarga, hubungan pribadi, perjuangan akan cinta serta konflik sosial budaya. Saat ini Jodi tinggal di New Hampshire bersama suami serta ketiga buah hatinya.

[ more about the author and her works, check on here : Jody Picoult | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Movies  Adaptations (2004) ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
228th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...