Translate

Sunday, August 11, 2013

Books "CHRISTMAS EVE AT FRIDAY HARBOR"

Books “MALAM PENUH KEAJAIBAN”
Judul Asli : CHRISTMAS EVE AT FRIDAY HARBOR
[ book 1 of Friday Harbor Series ]
Copyright ©2010 by Lisa Kleypas
Copyright ©2011 by Dastan Books [ Indonesian’s translation and publishing ]
Alih Bahasa : Endang Sulistyowati
Editor : Jantjé
Cover by : jemb8@yahoo.com
Cetakan I : Juni 2011 ; 332 hlm
Rate : 3 of 5

Keluarga Nolan merupakan pencerminan kehidupan pasangan yang secara perlahan mengalami kerusakan mental serta moral, terutama karena keduanya pemabuk berat yang selalu melakukan ‘perang’ dalam kehidupan rumah tanggamereka, dan tak pernah mau menerima saran serta bantuan pihak lain untuk memulihkan kondisi mereka. Akibatnya keempat putra putri mereka, mengalami ‘luka-trauma’ dan menyimpan masa lalu mereka bagaikan sebuah ‘bom-waktu’ yang sewaktu-waktu akan meledak di kemudian hari.

Beranjak dewasa, ketiga putra Nolan ternyata memilih untuk menetap di kawasan Friday Harbor – bagian dari Pulau San Juan yang memiliki daya tarik tersendiri. Kecuali Victoria, putri tunggal keluarga Nolan yang memiliki kehidupan bebas dan terpisah, mulai dari menjalani keseharian sebagai orang tua tunggal dari putri tercinta Holly dan menetap di Seattle. Hingga suatu kecelakaan tragis merenggut nyawanya, meninggalkan gadis cilik itu sebagai yaitim-piatu, mengingat tiada satupun pihak mengetahui siapa ayah kandung Holly, karena Victoria tak pernah berminat berhubungan dengan pria yang dikenalnya hanya sekejab dalam ‘hubungan-singkat’.



Berdasarkan surat pendek yang dapat dikatakan sebagai wasiat Victoria, ia menyerahkan pilihan masa depan putrinya pada kakak tertuanya, Mark Nolan. Maka gadis cilik berusia 6 tahun itu diboyong ke Friday Harbor, terlepas dari segala kebingungan dan keruwetan yang harus dihadapi oleh Mark sebagai pria bujangan yang tak pernah tahu bagaimana ia harus merawat dan menjaga seorang gadis cilik. Ditambah kondisi Holly yang mengalami trauma hingga memilih untuk ‘membisu’ semenjak berita kematian ibunya diterima. Mark Nolan harus setengah memaksa dan memohon bantuan adiknya Sam Nolan, terutama menyangkut kepindahan mereka ke kediaman Sam yang lebih luas dibandingkan apartemen Mark.

Holly mampu menyesuaikan pada perubahan kehidupan yang dijalaninya bersama kedua pamannya, Mark yang serius dan sangat perhatian pada kebutuhan Holly, dan Sam yang periang selalu memberikan aneka permainan dan petualangan yang menyenangkan bagi gadis cilik tersebut. Bahkan Alex Nolan – putra bungsu keluarga Nolan yang memilih ‘hidup terpisah’ dari anggota keluarganya, meski mereka hidup dalam pulau yang sama, beberapa kali muncul dan membantu renovasi kediaman baru para anggota keluarga Nolan tersebut. Akan tetapi tidak ada yang dapat membuat Holly berbicara kembali, ia tetap membisu dan melakukan kontak melalui isyarat dan gerakan semata. Hingga suatu hari, seseorang berhasil ‘menembus’ selubung yang menyelimuti hati Holly.

Sosok yang mampu membuat Holly kembali berbicara adalah Maggie Conroy – pendatang baru di kawasan Friday Harbor, yang semenjak kematian suaminya 2 tahun lalu, kini berusaha menata kembali kehidupan barunya dan membuka toko mainan anak-anak yang unik serta menarik. Maggie tidak berniat membuka kembali hatinya, mengingat kepedihan yang dideritanya dalam melepas kepergiaan suaminya setelah berjuang melawan kanker yang menggerogoti dirinya. Namun ketika Mark Nolan muncul bersama gadis mungil-nya, Holly, sesuatu ‘tumbuh’ dalam hati Holly tanpa mampu ia cegah. Dan tampaknya Mark juga merasakan daya tarik tersendiri pada diri Maggie. Namun bagaimana keduanya mampu mengembangkan hubungan lebih jauh jika Mark telah terikat pada wanita lain yang telah menjalin hubungan dengannya selama bertahun-tahun?

Kisah pertama dalam seri Friday Harbor ini menawarkan problematika yang menarik. Lisa Kleypas selain pakar dalam mengolah kisah tema historical-romance yang berbeda, karya-karya contemporer-nya tak kalah menariknya dengan menyajikan masalah serta topik di era yang lebih modern. Dengan cermat beliau membuat suatu landasan yang akan mendorong pembaca untuk mengikuti kelanjutan kisah perjalanan keluarga Nolan yang serba unik dan menyimpan ‘kotal pandora’ masing-masing hingga tiba saatnya untuk membuka satu demi satu. Sayang sekali buku pertama ini, terus terang sedikit ‘kurang-greget’ dalam artian cukup bagus namun tak menyajikan sesuatu yang ‘lebih’ kecuali rasa penasaran menyangkut nasib karaker lainnya serta kelanjutan kisah masing-masing. Maka cukup 3 bintang untuk buku pertama ini.  

Tentang Penulis :
Lisa Kleypas, lahir pada tahun 1964 di Texas, Amerika, adalah penulis novel romance yang sangat produktif dan hampir seluruh novelnya masuk dalam jajaran bestselling novels. Ia memiliki kegemaran membaca, namun proses menulis dimulai ketika sedang menjalani liburan musim panas dan beristirahat dari kegiatan mata kuliahnya di bidang ilmu politik di Wellesley College. Dalam kurun waktu 2 bulan kemudian, novel perdananya rilis, saat ia baru berusia 21 tahun. Dan pada waktu yang sama, ia memenangkan gelar Miss Massachussets. Ketika turut serta dalam kompetisi Pemilihan Miss America, ia menyanyikan sebuah lagu yang ditulisnya sendiri, memberikan sebuah gelar “finalis berbakat”.

Semenjak itu, ia menekuni bidang penulisan secara serius dan hingga kini terus aktif menghasilkan berbagai karya baru. Novel-novelnya bukan saja masuk jajaran Bestseller tetapi juga menerima berbagai penghargaan dan telah diterjemahkan lebih dari 14 bahasa. Sebagian besar novelnya merupakan historical romance, namun semenjak tahun 2006, ia mengumumkan akan lebih banyak menulis genre contemporer romance. Kini ia tinggal di Washington, bersama sang suami Gregory dan kedua anaknya.

~ Christmas with Holly ~ [ movie adaptation based on this book ]
[ more about author and her works, check on here : Lisa Kleypas | on Wikipedia | on FaceBook | on Twitter | Friday Harbor's SeriesMovie Adaptation  ]

Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...