Translate

Tuesday, July 14, 2015

Books "GOING HOME"

Books “TAMBATAN HATI”
Judul Asli : GOING HOME
Copyright © 1973 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Gita K.
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan II : April 2004 ; 416 hlm ; ISBN 978-979-686-288-7  
Harga Normal : Rp. 45.000,-  
Rate : 2 of 5

Gillian Forrester pindah ke San Fransisco bersama putrinya, meninggalkan kehidupan lamanya dari hiruk-pikuk kota New York, untuk mencari ketenangan dan suasana baru usai perceraiannya. Sebagai mantan penata gaya di majalah mode ternama, kini ia cukup puas bisa memperoleh tawaran pekerjaan dari pembuatan iklan komersial dan proyek-proyek rumah produksi. Di sanalah juga ia bertemu dengan Chris Matthews – fotografer berbakat sekaligus pemilik rumah produksi yang sedang naik daun. Sifat Chris yang ugal-ugalan dan periang, mampu memikat hati Gillian, terlepas dari peringatan temannya bahwa Chris dikenal sebagai pria playboy yang kerap membuat ‘hati-patah’ kaum wanita. Gillian semakin jatuh hati melihat hubungan yang terjalin antara Chris dan Sam, mengingat ayah kandung Sam tidak terlalu memberikan perhatian khusus kepada putrinya, selain menunaikan kewajiban saat waktu kunjungan tiba.

Baik Gillian maupun Chris tampak tergila-gila satu sama lain hingga keduanya bagai kembar yang tak terpisahkan. Gillian bahkan menuruti permintaan Chris yang sering impulsif dan menuntut spontanitas, termasuk mendadak pindah ke tempat yang lebih disukai oleh Chris. Terlepas dari hubungan mereka yang tampak selalu ‘panas’ – Gillian merasakan adanya ganjalan karena ada beberapa hal dimana Chris tidak bersedia terbuka dan cenderung marah jika disinggung permasalahannya oleh Gillian. Masa lalu Chris dengan seorang wanita bernama Marilyn salah satu contohnya, karena Chris mengakui dari sekian banyak wanita yang berhubungan seks dengan dirinya, hanya Marilyn yang benar-benar ada di hatinya ... meski hal itu sudah merupakan masa lalu karena kini ia bersama dengan Gillian. Sifat Chris yang angin-anginan dan terkadang kekanak-kanakan, semuanya bisa ditahan oleh Gillian karena ia sangat mencintai Chris.

Bahkan pengkhianatan Chris dengan tidur bersama wanita lain, dengan alasan itu hanya sekedar seks tanpa perasaan cinta, akhirnya dimaafkan oleh Gillian setelah Chris berulang-ulang memohon maaf pada dirinya. Namun hubungan itu akhirnya kembali retak, ketika Gillian mendapati dirinya hamil. Reaksi Chris sangat di luar dugaan, ia bukan saja panik tetapi juga langsung meminta dan mendesak Gillian untuk segera keluar dari kediamannya dan meninggalkan San Fransisco, kembali ke New York. Chris khawatir kehamilan Gillian yang tak bersedia digugurkan itu akhirnya diketahui oleh kerabat dan kenalan mereka di San Fransisco, dan Chris tak tahan jika digunjingkan atau menjadi bahan pembicaraan karena ia sama sekali tidak berminat memiliki bayi meski ia mengaku mencintai Gillian. Akhirnya suatu hari, Gillian dan Sam digiring oleh Chris ke bandara untuk segera berangkat menuju New York, tanpa seorang pun mengetahui hal ini.

Cerita ini sangat-sangat membuatku jengkel. Tidak satu pun karakter utama yang menarik, karena baik Gillian maupun Chris merupakan sosok yang egois sekaligus cukup bodoh mengatas-namakan cinta untuk menjalin hubungan yang aneh. Sejak awal, penggambaran tentang sifat dan karakter negatif Chris telah ditunjukkan, dan celakanya sosok Gillian yang notabene wanita karir dan mandiri, bagai kerbau dicocok hidungnya, mau saja menerima perlakuan Chris yang bisa dikatakan pelecehan dengan dalih ia tak mampu menolak ajakan tidur wanita lain ... such a clichè terlalu melodramatis dan over banget \(-__-)/ Bahkan ketika akhirnya Gillian berhasil menata kembali hidupnya yang porak-poranda di New York, menemukan pria yang menaruh perhatian khusus terhadap dirinya dan sangat-sangat-sangat baik, secara bego ia kembali ke pangkuan Chris yang tanpa kabar berita mendadak muncul di New York. OMG !!!

Entah apa tujuan penulis membuat kisah ini. Jika tujuannya untuk menampilkan kisah yang romantis, justru rasa muak yang kerap muncul tatkala mendapati lagi-lagi Gillian kembali menerima Chris. Bahkan kisah tragis yang muncul menjelang akhir, tak mampu mengusir rasa sebal dan justru diriku sangat bersyukur dengan munculnya ‘adegan tragis’ karena berarti lenyap pula sebagian dari rasa jengkelku ... ampun deh, pokoknya ini cerita yang payah, plus edisi terjemahannya juga berkesan asal-asalan (mungkin sang penerjemah ikutan jengkel sepanjang mengerjakan cerita ini kali ya), dengan senang hati akhirnya buku ini kututup untuk dilenyapkan dari pandangan mataku – selamanya !!!

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...