Translate

Sunday, September 25, 2016

[ 2016 | Review #103 ] : "DUCHESS BY NIGHT"

Books “PENYAMARAN SANG DUCHESS”
by Eloisa James
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Yuni Istiningsih
Editor : Yudi Iswanto
Desain sampul : jemb8@yahoo.com
Cetakan I : Juli 2011 ; 472 hlm ; ISBN 978-602-9267-06-8
Harga Normal : Rp. 55.000,-

Masih ingat dengan sosok Harriet, Duchess of Berrow, yang meminta bantuan sahabatnya Jemma untuk membalas dendam pada Duke of Villiers yang dianggap sebagai penyebab dibalik kasus bunuh-diri suaminya, Benjamin (baca : Desperate Duchesses). Kisah ini melanjutkan perjalanan sosok Duchesses of Berrow – janda, namun mendapat posisi terhormat berkat kemampuannya mengambil alih tanggung suami dan menjalankan perannya dengan baik dalam pergaulan sosial masyarakat kalangan atas. Mengetahui gelar dan status yang ia sandang hanay sekedar formalitas, mengingat pewaris gelar Benjamin, kemenakannya masih berusia 11 tahun dan menempuh pendidikan di Eton, Harriet tidak terlalu ambil pusing dan berusaha mengisi kesehariannya dengan aneka kesibukkan.


Namun waktu terus bergulir, dan suatu hari Harriet mendapati dirinya bukan sekedar jenuh tetapi benar-benar menginginkan perubahan dalam kehidupannya. Kesempatan itu datang tanpa pernah diduga, ketika ia mendengar niat Isodore Del’Fino – yang memiliki gelar Duchess of Cosway, walau selama 11 tahun pernikahannya, sama sekali tidak pernah bersua dengan sang suami (cerita tentang pasangan ini muncul pada kelanjutan serial berikutnya), untuk membuat kehebohan yang dipastikan memicu skandal besar di kalangan bangsawan terhormat, karena Isodore lelah dan muak pada kondisi serta statusnya yang tak menentu, dan menginginkan perceraian secara resmi. Salah satu cara memastikan terjadinya peristiwa memalukan, adalah hadir pada pesta di Fonthill – acara luar biasa yang diselenggarakan oleh Justinian ‘Jem’ Strange, sosok yang misterius dan senantiasa dikaitkan dengan skandal terheboh.

Jem bukanlah pria yang terlahir dengan gelar bangsawan, namun kerja keras dan perjuangannya membuat dirinya memiliki kekayaan jauh lebih banyak dibandingkan mayoritas kalangan bangsawan terhormat di Inggris. Ia telah menikah dan memiliki seorang putri yang menjadi tumpuan perhatiannya semenjak kematian sang istri saat melahirkan 8 tahun silam. Kehidupan usai tragedi itu, anehnya semakin mendorong Jem untuk melakukan hal-hal yang ia sukai, tanpa memperdulikan aturan main atau norma-norma yang berlaku dalam sosialisai masyarakat. Kecintaannya untuk ‘menciptakan’ rangkaian desain arsitektur maupun mesin unik, peran sertanya dalam proses pembuatan drama opera, keterlibatannya dengan kalangan teater dan membiarkan putrinya, Eugenia, menikmati kebebasan dalam hidupnya tanpa batasan atau larangan yang jelas tentang apa yang layak / tidak.

Pesta yang akan segera berlangsung di kediamannya, dijamin mengundang perhatian berbagai kalangan, sekaligus serangkaian spekulasi dan rumor tentang ‘hal-hal baru’ yang akan muncul sebagai pemicu skandal kali ini. Siapa yang akan menyangka dari sekian banyak undangan muncul Duke of Villiers bersama Duchess of Cosway, ditemani Harry Cope – pemuda yang menarik sekaligus tampak polos untuk hadir dalam acara yang dipastikan penuh ‘hal-hal’ yang tidak biasa muncul secara terbuka. Reputasi Duke Villiers serta karakternya yang unik, bisa dimaklumi jika ia muncul dalam perayaan penuh skandal di Fonthill, apalagi mengingat kasus terakhir yang nyaris menewaskan dirinya saat melakukan duel dengan Earl of Gryffyn, kakak Jemma (baca : Desperate Duchesses). Sosok Isodore Del’Fino yang sensual, tentu saja menambah semarak suasana pesta, namun anehnya Lord Strange justru mendapati dirinya ‘tertarik’ untuk mengenal lebih dekat pemuda bernama Harry Cope. Walau bisa dikatakan telah melakukan tindakan-tindakan aneh, baru kali ini ia bisa sedemikian ‘berminat’ pada pemuda yang masih polos ...

Usai membaca dua buku sebelumnya, kali ini penulis benar-benar menyajikan kisah yang ‘luar biasa’ – aneh, unik, menggugah minatku untuk melahap halaman demi halaman untuk menyingkap tabir misteri yang menyelubungi karakter Lord Strange serta kehidupannya yang lumayan eksentrik dan mengundang polemik di kalangan masyarakat. Baru kali ini diriku benar-benar terhanyut dalam permainan karakter melibatkan Duke of Villiers, Isobel Del’Fino, dan tentu saja Lord Strange dan Harry Cope aka Harriet, yang sengaja menyamar menjadi pria demi melindungi dirinya dari gosip atau skandal – walau justru kesediaannya untuk bersikeras menemani sahabatnya, justru membawa perubahan besar dalam masa depannya. Masuknya Eugenia – putri Jem yang meski baru berusia 8 tahun, namun memiliki kematangan sekaligus karakter unik, akibat pengaruh dibesarkan dengan cara yang sama sekali tidak biasa oleh sang ayah, merupakan tambahan yang memberi nilai ‘plus’ sekaligus mengguncang emosi yang memperkuat keseluruhan jalinan kisah.

Perubahan dan perkembangan para tokoh utama dalam kisah ini, digambarkan bukan sekadar melalui peristiwa-peristiwa menyenangkan, justru berkat masa lalu yang luar biasa kelam, mengerikan hingga bisa dikatakan mampu menimbulkan trauma sepanjang kehidupan mereka. Pada dasarnya, diriku memang lebih condong menyukai karakter-karakter yang bergulat dengan perjuangan keras, bangkit dari luka, kepedihan dan keterpurukan, demi mengambil langkah berani untuk membuka lembaran baru yang jauh lebih baik. Bahkan karakter-karakter pendamping yang muncul dalam kisah ini juga bukan tipikal sosok protagonis, bisa dikatakan mereka memiliki status ‘tercela’ dalam pergaulan kaum terhormat. Namun justru melalui mereka, kebenaran dan realita kehidupan nyata berbalut kepedulian atas dasar kasih sayang, muncul mewarnai kisah ini hingga terasa sangat ‘hidup’ ... Jujur, tidak semua karya Eloisa James yang mampu membuatku ‘tergerak’ secara emosional, walau ide serta tema yang diangkat senantiasa kontroversial dan berani. Dan ini adalah salah satu kisah favoritku, sekaligus karakter-karakter yang kusukai muncul dalam harmonisasi jalinan kisah yang luar biasa. LOVE IT !!!

Judul Asli : DUCHESS BY NIGHT
[ book of DESPERATE DUCHESSES Series ]
Copyright © 2008 by Eloisa James
Rate : 4 of 5

[ more about the author & related works, just check at here : Eloisa James | on Goodreads | on Wikipedia | at Tumblr | at Facebook | at Twitter ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...