Translate

Friday, September 16, 2016

[ 2016 | Review #90 ] : "GHOST WALK"

Books “BAYANG-BAYANG SANG SAHABAT"
Copyright © 2001 by Heather Graham
Penerbit VioletBooks [ imprint of Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia ]
Alih Bahasa : Stevana Dian Rosarie
Editor : Mira Rainayati, Anna Ervita Dewi
Lay-out : Budi Triyanto
Desain cover : Innerchild Studio
Cetakan I : 2010 ; 448 hlm ; ISBN 978-979-081-209-3
Harga Normal : Rp. 30.000,-

“I SEE DEAD PEOPLE” ... No, it’s not another story about ‘The Sixth Sense’ – at least I really enjoy watching Haley Joel Osment and Bruce Wilis, over and over, can’t say the same about this book, is so boring and almost got in my DNF list #sigh. Awalnya lumayan menarik, tentang wanita bernama Nikki DuMonde yang bekerja sebagai manager agen tur keliling New Orleans yang mengkhususkan diri pada tema ‘hantu-hantu’ legenda serta urban-legend kawasan tersebut. Walau berkutat dengan topik ‘hantu’ anehnya Nikki tidak memiliki keyakinan adanya dunia supranatural, setidaknya hingga ia mengalami serangkaian peristiwa yang aneh dan (seharusnya) mampu membuat bulu kuduk berdiri. Keanehan itu muncul dalam wujud sosok Andy – salah satu pegawainya sekaligus sahabat dekat, yang menampakkan diri berulang kali, dimana ia seharusnya telah tewas di apartemennya.


Kematian Andy dianggap sebagai tragedi karena petunjuk mengarah pada over dosis penggunaan obat terlarang, dan masa lalu Andy sebagai ‘pengguna’ membuat pihak berwajib tidak menindak lanjuti penyelidikan. Hanya Nikki yang merasa kematian Andy bukan sekedar ‘kecelakaan’ atau tindakan bunuh diri, namun tiada bukti-bukti nyata yang mampu memperkuat dugaannya, selain penampakan sosok Andy yang membuatnya resah dan ketakutan. Di saat itulah, muncul sosok pria menarik bernama Brent Blackhawk – penyelidik swasta yang mengaku memiliki kemampuan paranormal, dan ia berniat menelusuri kebenaran di balik kematian Andy. Nikki DuMonde yang telah lama menghapus keinginan berhubungan serius dengan pria manapun, tidak mampu menolak daya tarik Brent – blasteran Irlandia dan Indian Lakota, serta pemahamannya tentang dunia supranatural terkait dengan kemampuan baru Nikki ...

Ok, ini adalah buku ke-3 Heather Graham yang kubaca, dan kali ini jauh lebih buruk dibandingkan saat membaca ‘The Island’ ... Dari awal pembuka, kemudian nyaris keseluruhan kisah, hanya satu hal yang mampu kusimpulkan : Kacau-Balau !!! Secara garis besar, ide kisah ini seharusnya menarik, bahkan diriku sempat membayangkan adegan ala ‘Ghost- Whisperer’, namun yang muncul bagai perpaduan potongan-potongan adegan yang berkesan serampangan, tidak memiliki alur yang nyaman bagi pembaca, atau sajian yang mampu dipahami secara nalar. Pertama, dari sekian banyak karakter yang muncul pada awal kisah, tiada kesatuan atau ‘chemistry’ yang membuatku mampu terhubung dengan sosok-sosok yang tampil.

Kedua, situasi misterius yang entah mengapa dipertahankan sejak awal, justru membuatku nyaris bosan dan jenuh akibat alur yang lambat dan plot yang berputar-putar tanpa kejelasan (hilang sudah rasa penasaran yang sempat muncul saat tergugah untuk mengungkap selubung misteri). Ketiga, belum usai usahaku untuk memahami Nikki DuMonde dkk, munculnya Brent bukannya menambah kejelasan, justru memperumit kisah yang sudah lumayan kacau, bahkan hingga akhir kisah, sosok Brent berkesan ‘dipaksakan’ untuk berpasangan dengan Nikki. Daya tarik yang digambarkan muncul antar keduanya, well – sama sekali tidak terwujud bahkan dalam imajinasiku yang paling liar, its’ A Fake Relationship in my opinion.

Alhasil hanya untuk menuntaskan bacaan setebal 400 halaman ini, diriku terpaksa main-skipping, mungkin seharusnya editor buku ‘menghapus separuh dari adegan-adegan dan dialog yang lumayan ‘nonsense’ (termasuk adegan panas yang anehnya sama sekali tidak ada ‘angetnya’ secuil pun). Jika diriku menganggap ini akibat terjemahannya, hmm...opini pembaca versi bahasa Inggris juga serupa, berarti memang buku ini termasuk karya HG yang lumayan ‘buruk’ (so far diriku belum menemukan karyanya yang cukup layak, walau baru 3 buku yang kubaca). Jika kebetulan menemukan buku ini, dan Anda mencari ‘pengalaman’ menarik secara emosional maupun nalar, well – don’t bother to waste your time, just choose another book, better yet with another author ...

Judul Asli : GHOST WALK
[ book 2 of HARRISON INVESTIGATION Series ]
Copyright © 2001 by Heather Graham
Rate : 1 of 5

Tentang Penulis :
Heather Graham, penggemar olahraga selam, penari ballroom, sekaligus ibu dari lima orang anak, menikmati kehidupan di Florida Selatan, meski terkadang ia juga menyukai petualangan menjelajahi Kairo, Mesir hingga liburan ke kampung halamannya di Florida Keys. Membaca merupakan kegemarannya semenjak kecil, dan kini ia dikenal sebagai penulis aktif, dimana karya-karyanya muncul dalam rekomendasi Doubleday Book Club dan Literary Guild. Ia juga menerima penghargaan Romance Writers of  America’s Lifetime Achievement Award. Selain itu aktif dalam aneka kegiatan book club seperti International Thriller Writers serta Mystery Writers of America, termasuk menjabat sebagai Ketua Horror Writer’s Association. Heather juga pendiri Slush Pile – band dan kelompok pengisi acara yang terdiri dari para pengarang.

[ more about this author and related works, just check at : www.theoriginalheathergraham.com | www.eheathergraham.com | www.heathergraham.tv. | on Wikipedia | on Goodreads ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...