Translate

Wednesday, December 25, 2013

Books "THE BLEACHERS"

Books “SANG PELATIH”
Judul Asli : THE BLEACHERS
by John Grisham
Copyright © 2003 by Belfry Holdings, Inc.
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : B. Sendra Tanuwidjaya
Desain cover : Eduard Iwang Mangopang
Cetakan I : Maret 2006 ; 208 hlm ; ISBN 978-979-22-0741-4
Rate : 3 of 5

Kota Messina yang terkenal akan regu football-nya Messina Spartan, berada dalam kondisi suram. Mantan pelatih dan sosok yang membesarkan serta mengangkat nama Messina Spartan dalam jajaran pemain football setingkat SMU, Coach Eddie Rake, sedang meregang nyawa akibat penyakit yang menggerogoti dirinya selama tahun-tahun terakhir bersama keluarganya.

Dikisahkan melalui sudut pandang Nelly Crenshaw – salah satu quarterback terbaik Messina Spartan, yang meninggalkan dunia football dan menghindari aneka pertemuan terkait dengan namanya maupun Messina Spartan selama belasan tahun. Sebagai salah satu kandidat pemain terbaik, ia diperebutkan oleh pihak-pihak universitas sesaat setelah kelulusannya dari SMU.



Masa depan cerah nan gemilang terpampang di hadapannya ketika ia melanjutkan permainan football semasa perkuliahan. Hingga sebuah ‘kecelakaan’ fatal melukai kakinya, dan vonis dokter bahwa ia tak akan bisa bermain football kembali, menghancurkan impian dan ia kehilangan tujuan hidup. Hanya satu hal yang menjadi pendorong semangat untuk bangkit dan menempuh jalur kehidupan yang berbeda : Eddie Rake.

Ini adalah kisah tentang sosok Eddie Rake, yang terangkum melalui berbagai kenangan para mantan pemainnya, yang berkumpul dari segala penjuru wilayah saat mereka mendengar kabar bahwa ‘beliau’ sedang menjelang ajal. Eddie Rake bukanlah pria yang mudah disayangi dengan temperamen keras dan tak segan-segan menghajar setiap pemain yang tak memenuhi standart atau peraturannya. Disiplin serta latihan yang sangat luar biasa melelahkan secara fisik maupun mental, mewarnai kenangan pemain Messina Spartan.

Meski tiada mantan pemainnya yang mampu ‘mencintai’ Eddie Rake tanpa ‘membenci’ kekerasan serta siksaan latihan yang mereka alami, bertahun-tahun kemudian para mantan Messina Spartan kembali karena satu hal : Eddie Rake mengajarkan satu hal penting bagi setiap pemainnya. Keuletan, kegigihan, disiplin dan semangat pantang menyerah, semuanya diajarkan dengan sangat keras hingga melampaui batas-batas kemampuan setiap anggota Messina Spartan.

Buku tipis sejumlah 200 halaman ini, penuh dengan dialog serta detail tentang permainan football yang notabene asing dan sama sekali tak menarik perhatianku. Namun satu hal sangat kukenal, cara melatih sosok Eddie Rake boleh jadi digambarkan tidak manusiawi, terutama ketika akhirnya jatuh korban jiwa. Akan tetapi cara mendidik bisa melalui ‘cara-halus’ atau ‘cara-keras’ dan Eddie Rake bukan sekedar mengajarkan teori permainan secara fisik, justru kekuatan mental dan pikiran yang disertai kemampuan fisik luar biasa, yang membawa para pemain terbaik Messina Spartan.

Salah satu karya penulis yang mengangkat sisi lain kehidupan manusia, jauh dari topik seputar hukum dan peradilan. Secara pribadi topik yang dipilih bukanlah favoritku, tetapi tetap saja sebuah pembelajaran diceritakan melalui ‘drama’ akan manusia-manusia yang dianggap pahlawan oleh masyarakat umum, ternyata memiliki kelemahan dan kejatuhan berkali-kali, sebelum bangkit untuk berjuang untuk kesekian kalinya, demi kehidupan dan masa depan baru...

[ more about the author and related works, just check at here : All About John Grisham ]

Best Regards,

HobbyBuku

1 comment :

  1. Aku ga suka baca yg ini, mgkn krena dulu bacanya ngarepin bakal ad intrik2 hukum kayal grisham biasanya kali yah :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...